Fachrul Razi : Efek Virus (Covid - 19), Teguran untuk Umat, Kebersihan Sebagian dari Iman

/ Sabtu, 14 Maret 2020 / 11.54

Topinformasi.com-Merebaknya virus Corona  (Covid -19), Senator Fachrul razi Mengingatkan Umat Muslim untuk selalu bersih, selalu bersuci.  " Wabah ini sebagai pengingat kita selaku umat khususnya umat Nabi Muhammad SAW untuk selalu bersuci, memahami Ilmu Fiqih dengan baik, Kebersihan Sebagian dari Iman ". 

" Selalu Berwudhu, Beribadah dan memohon Ampun kepada Allah SWT" jelas Senator yang juga Pimpinan Komite I DPD RI tersebut.

Kepada media, Sabtu (14/3) Senator yang juga  meminta keseriusan Pemangku Pemerintahan dan  Keamanan Negara  harus memperketat khususnya kedatangan dari luar negeri jelas senator.

" Wilayah Indonesia harus steril dari pendatang " tutupnya.

Kebersihan dalam Islam memiliki kedudukan penting. Kitab-kitab fiqih ibadah dalam Islam diawali dengan bahasan thaharah yang mengandung makna kesucian dan kebersihan.

Kebersihan merupakan asas terwujudnya kesehatan; salah satu nikmat terbesar yang Allah anugerahkan kepada manusia, sebagaimana hadits shahih,

نِعْمَتَانِ مَغْبُونٌ فِيهِمَا كَثِيرٌ مِنْ النَّاسِ الصِّحَّةُ وَالْفَرَاغُ

"Ada dua nikmat yang manusia sering dilalaikan (rugi) di dalamnya yaitu sehat dan waktu luang (kesempatan)." (HR. Al-Bukhari dan Ahmad)

Saking pentingnya kebersihan, agama ini memposisikannya separuh dari iman. Artinya, tuntutan iman adalah menjaga kebersihan.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam juga bersabda, “Sesungguhnya Allah itu indah dan menyukai keindahan.” Dari sini, Allah syariatkan  mandi janabat, mandi saat pergi ke shalat Jum’at, dan memandikan mayit. Dalam syariat ini terdapat nilai kebersihan.  (Red/mi)
Komentar Anda

Berita Terkini