Bupati Zahir Liburkan Seluruh Sekolah di Batu Bara Untuk Cegah Covid 19

/ Minggu, 15 Maret 2020 / 20.46

Topinformasi.com-Batu Bara -Langkah awal yang dilakukan oleh Bupati Batu Bara dalam Antisipasi penyebaran Covid 19 Pemkab Batu Bara dengan mengambil sikap  merumahkan siswa SD dan SMP serta menyurati Kemenag dan Gubsu agar meniadakan proses belajar mengajar disekolah.

Demikian disampaikan Bupati Batu Bara Zahir usai rapat terbatas dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Minggu (15/3) sore di Rumah Dinas Bupati Tanjung Gading.

" Dalam rangka menjaga dan melindungi masyarakat Batu Bara, atas penyebaran Covid 19 ini, kepada seluruh perangkat daerah Kab. Batu Bara menunda kegiatan yang melibatkan masyarakat dalam jumlah besar," kata Zahir.

Zahir mengatakan Pemkab Batu Bara melalui Dinas Kesehatan meningkatkan pelayanan kesehatan dengan memanfaatkan RSUD, puskesmas, faskes swasta dan melibatkan pendidikan tinggi yang telah direkomendasikan pemerintah.

Kepada masyarakat Batu Bara agar menghindari kontak fisik maupun bersalaman secara langsung dalam rangka antisipasi Covid 19. Menghindari tempat tempat umum dan ruang publik kecuali ada kepentingan yang mendesak.

Dikatakannya dinas pendidikan diperintahkan menginstruksikan kepada seluruh kepala sekolah memberikan tugas belajar dirumah, dan kegiatan belajar mengajar sekolah ditiadakan selama 14 hari.

Terhadap siswa yang tidak sekolah akan disiapkan modul pendidikan, kepada masyarakat agar mengambil disekolah sekolah. Yang sudah dipersiapkan .

Agar tenaga pendidik dan kependidikan tetap hadir agar memantau pendidikan, melakukan pembersihan diruang sekolah , dengan cairan disinfektan.

Meski sudah menghimbau agar tidak ada konsentrasi massa  seperti pawai takruf,  pelaksanaan MTQ tingkat kabupaten pada Selasa (17/3)  tetap dilaksanakan.

" Pada kegiatan itu panitia saya minta mempersiapkan cuci tangan yang banyak, hand sanitaizer dan masker dan pengunjung acara agar kafilah disetiap kecamatan didampingi, untuk itu pawai takruf ditiadakan," kata Zahir.

Dalam mesosialisasikan informasi ini Zahir mrmerintahkan camat menyampaikan ke setiap desa melalui mikrophone.

Camat bersama Kepala puskesmas akan menyemprot disinfektan ke rumah ibadah, menggunakan mobil puskesmas. Juga dipasar pasar.

" Masyarakat untuk tetap tenang tidak panik dan tetap produktif, meningkatkan kewaspadaan agar Covid dapat dikendalikan, tetap belajar dirumah, juga ibadah dirumah,Mari kita berdoa agar wabah ini bisa cepat diatasi," kata Zahir.

Kadis Pendidikan Batu Bara,  Ilyas Sitorus, disdik malam ini segera melayangkan surat edaran keseluruh sekolah,  mulai dari tingkatan Paud sampai dengan SLTA untuk diliburkan selama 14 hari kedepan,  dan belajar dirumah dengan modul yang telah disiapkan oleh masing - masing kelompok, dan aktifitas disekolah hanya guru dan pegawai sekolah untuk membersihkan seluruh ruang belajar dan kantor,  jelas Incek Liyas. (Sh-red)
Komentar Anda

Berita Terkini