Masuk Tanpa Izin, Pesawat Tempur TNI AU Paksa Pesawat Asing Mendarat di Lanud Soewondo

/ Kamis, 27 Februari 2020 / 17.58

Medan - Pesawat tempur TNI Angkatan Udara F-16 berhasil menyergap pesawat asing yang masuk di kawasan teritorial Indonesia yang terbang tanpa izin masuk wilayah udara Indonesia. Setelah disergap, pesawat asing tersebut dipaksa mendarat (force down) di pangkalan terdekat di Lanud Soewondo, Kamis (27/2/2020).


Setelah diturunkan paksa dan mendarat, selanjutnya diarahkan ke Apron Charlie Lanud Soewondo. Crew pesawat beserta dokumen yang dimiliki langsung diamankan prajurit TNI AU yang sbelumnya telah berjaga membentuk formasi keamanan dengan bersenjata lengkap. Selanjutnya crew pesawat asing tersebut diamankan dibawa menuju ruang interogasi guna pemeriksaan kesehatan dilanjutkan investigasi terhadap crew pesawat beserta dokumen yang dibawa.

Ternyata, penurunan paksa pesawat asing tersebut merupakan simulasi atau latihan Hanud "Perkasa C-20" Tahun 2020 yang dilaksanakan di Lanud Soewondo Medan.

Latihan Hanud "Perkasa C-20" Tahun 2020 ini bertujuan meningkatkan kesiapsiagaan prajurit TNI, khususnya prajurit TNI AU di wilayah Medan, Lanud Soewondo, Wing III dan Yonko 469 Paskhas serta Kosekhanudnas III beserta unsur operasional lainnya. Kegiatan latihan ini terlaksana dengan baik, aman dan lancar.
(Penerangan Lanud Soewondo).
Komentar Anda

Berita Terkini