TOTAL POSITIF
ORANG
Positif
TOTAL SEMBUH
ORANG
Sembuh
TOTAL MENINGGAL
ORANG
Meninggal
INDONESIA

POSITIF , SEMBUH , MENINGGAL

Indonesia
Sumber data : Kementerian Kesehatan & JHU. Update terakhir :

Gugus Darma 15029-15030 Sekolah Angkasa Lanud Soewondo Dilantik

/ Sabtu, 08 Februari 2020 / 15.48


Topinformasi.com-TNI AU. Pengurus Gugus Darma ( Gudep ) 15029-15930 SD 2 sekolah Angkasa Lanud Soewondo Akhirnya Dilantik kepengurusanya. Dalam pelantikan yang berlangsung di lapangan sekolah Angkasa dilaksanakan serangkaian upacara secara resmi oleh ketua kwartir ranting. Sabtu (8/2/2020) jam 11:00 WIB.

Dalam pelantikan ini diharapkan dapat meningkatkan partisipasi sekolah SD 2 Angkasa dalam setiap kegiatan Pramuka yang dilaksanakan oleh pengurus kwartir maupun kwarcab, baik secara daerah maupun nasional.

Para Pramuka Gudep 15029-15030 melaksanakan upacara siaga dengan penuh khidmat dan mendapat antusias dari para anggota Pramuka.

Di sela jalanya upacara pelantikan dilakukan penyematan nomor Gudep pada perwakilan Pramuka pada seragam kebanggaan, tentunya hal ini sangat berkesan bagi para anggota Pramuka SD Angkasa 2.

Kelompok umur adalah sebuah tingkatan dalam kepramukaan yang ditentukan oleh umur anggotanya. Kelompok dibagi menjadi 4 yaitu : kelompok umur 7-10 tahun disebut dengan Pramuka Siaga, Kelompok umur 11-15 tahun disebut dengan Pramuka Penggalang, Kelompok umur 16-20 tahun disebut dengan Pramuka Penegak, Kelompok umur 21 – 25 tahun disebut dengan Pramuka Pandega dan ada juga Kelompok Khusus, yaitu Kelompok yang ditujukan untuk orang yang memiliki kedudukan dalam kepramukaan. Misalnya Pramuka Pembina, adalah sebutan untuk orang dewasa yang memimpin Pramuka. Dan Pramuka Andalan, adalah anggota Pramuka yang mengambil bagian dalam keanggotaan Kwartir dalam Pramuka. Contoh lainnya adalah Pelatih, Pamong Saka, Staff Kwartir dan Majelis Pembimbing.

Tingkatan-tingkatan dalam kepramukaan adalah sebuah tingkatan yang ditentukan oleh kemampuan anggotanya, kemampuan itu disebut dengan Syarat-syarat Kecakapan Umum atau SKU.

Untuk Pramuka siaga dan penggalang, masing-masing Kelompok umur memiliki tiga Tingkatan. Untuk Penegak memiliki dua tingkatan. Sedangkan Pramuka Pandega hanya satu tingkatan.

Tingkatan Pramuka Siaga ada tiga diantaranya : Siaga Mula, Siaga Bantu, Siaga Tata.

Tingkatan Pramuka Penggalang juga ada tiga, yaitu: Penggalang Ramu, Penggalang Rakit, Penggalang Terap, tingkatan Pramuka Penegak ada dua yaitu: Penegak Bantara, Penegak Laksana Ada juga sebuah tingkatan khusus yang disebut dengan Pramuka Garuda, yaitu tingkatan tertinggi dalam setiap kelompok umur dalam kepramukaan.


Sekretaris Pramuka Ranting Polonia, Ahmad Sofyan Yunus dalam kata sambutannya mengatakan bahwa dengan dilantiknya gugus depan 15029 dan 15030 Sekolah Angkasa tentunya akan menambah kebanggaan bagi diri anak-anak didik.



"Hari ini kita bersama di sini, kalau kita bertekad mendidik generasi penerus bangsa, harapan saya untuk jangan sekedar dilantik saja tanpa melakukan kegiatan apapun. Yang saya tahu di sekolah Angkasa ini dahulunya adalah gugus depan yang tertua, dan masih aktif di kota Medan. Di kota Medan ini sudah enam digid nomor Gudep, namun di sekolah Angkasa ini masih dua digit. Hal ini sudah saya pelajari bahwa gerakan Pramuka yang mempunyai nomor Gudep dua digid dan masih aktif adalah sekolah Angkasa dan terus berkiprah salah satunya adalah sekolah Angkasa, ini menjadi kebanggaan pada kami, di Kwartir juga ini menjadi perbincangan,"jelas Ahmad Sofyan Yunus.

Usai menyampaikan kata sambutan, Sofyanpun langsung melantik pengurus gugus depan sekolah Angkasa Lanud Soewondo.


Selanjutnya ketua Yasarini cabang Lanud Soewondo, Ny. Meka Yudanto selaku majelis pembimbing gerakan Pramuka Gudep 15029-15030 dalam sambutannya mengatakan bahwa hari pelantikan ini adalah hari yang sangat membanggakan.

"Hari ini merupakan kebanggaan bagi kami dengan adanya pelantikan pengurus Gudep Pramuka Angkasa Lanuud Soewondo ini, maka tanggung jawab dipundak kami untuk memajukan generasi penerus bangsa lewat Pramuka yaitu adik-adik peserta didik semakin besar. Kita tahu bersama bahwa kegiatan Pramuka ini menjadi teladan dalam mengembangkan karakter peserta didik sehingga anak-anak kami dapat mewujudkan cita-citanya," ucap Ny. Meka Yudanto.

Lanjutnya lagi, kepada pengurus Gudep 15029 dan 15030 yang baru dilantik, saya berharap dapat meningkatkan kembali semangat anak didik kita untuk mengikuti kegiatan kepramukaan dan saya juga berharap sekolah Angkasa dapat mengikuti kegiatan Pramuka bahkan sampai ke tingkat Nasional dan Internasional.

"Dewasa ini semua bangsa berlomba untuk meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan rakyatnya, karena itu kita selaku pembina harus menimba ilmu pengetahuan dan teknologi. Bangsa tidak menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi akan makin jauh tertinggal dari bangsa-bangsa lain yang telah maju. Namun kita juga harus sadar bahwa ilmu pengetahuan dan teknologi bukan segala-galanya, kita harus pula membina kepribadian, kita harus membina diri agar menjadi manusia yang berbudi luhur dan berakhlak mulia. Sebagai Pramuka sebenarnya kalian telah memiliki modal berupa perisai dan senjata yang ampuh yaitu, kode moral dan kode kehormatan Pramuka berupa Satya dan Darma. Dengan berpegang teguh dan berpedoman padanya, insya Allah kita akan dapat mengatasi segala tantangan yang akan kalian hadapi dimasa depan," pungkas Ny. Meka Yudanto.

Diakhir kegiatan pelantikan diakhiri dengan penanda tanganan ikrar dan foto bersama.

Pen Lanud Soewondo
Komentar Anda

Berita Terkini