Pangdam I/BB Hadiri Launching Calendar Of Events Danau Toba 2019 di Kementerian Pariwisata

/ Selasa, 26 Februari 2019 / 05.52
Topinformasi, Jakarta - Panglima Kodam (Pangdam) I/Bukit Barisan, Mayor Jenderal TNI MS Fadhilah turut menghadiri acara Launching Calendar of Events Danau Toba 2019, bertempat di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Jakarta, Senin (25/2/2019).

Acara yang dibuka secara resmi oleh Menteri Pariwisata, Arief Yahya ini turut dihadiri Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi diwakili Wakil Gubsu Musa Rajeckshah, para Bupati se kawasan Danau Toba, para Deputi Kementerian Pariwisata, serta tamu dan undangan.

Dalam sambutan Gubsu Edy Rahmayadi yang dibacakan Wagubsu Musa Rajeckshah disebutkan, Danau Toba merupakan anugerah dari Tuhan dan harus disyukuri, tidak hanya oleh delapan kabupaten di sekitar Danau Toba, tetapi juga seluruh masyarakat Sumatera Utara.

"Masyarakat Sumatera Utara sangat bangga dengan keberadaan Danau Toba, dan oleh sebab itu, Pemprov Sumut akan memberikan dukungan penuh terhadap segala even yang bertujuan mempromosikan Danau Toba agar semakin terkenal di seluruh dunia," kata Musa Rajeckshah.

Sedangkan Menteri Pariwista, Arief Yahya mengatakan, peresmian Calendar of Events Dana Toba 2019 ini merupakan bagian dari kegiatan kalender even nasional.

Tak hanya itu, Menteri Arief Yahya juga mengungkap, Calendar of Events Danau Toba 2019 ini telah menjadi trending topic di media sosial (medsos), di mana salah satu indikatornya adalah karena memiliki lima poin. Yaitu Creative Value (nilai kreatif), Commercial Value (nilai komersil), comunication value (nilai komunikasi), Comitment (komitmen), dan Consistency (konsisten). 


"Dengan adanya lima poin ini, kita harapkan semua even di Danau Toba harus cameragenic, karena banyak yang akan datang ke Danau Toba nantinya merupakan kaum milenial," ungkap Menteri Arief Yahya.


Di kesempatan yang sama, Menteri Arief Yahya juga berjanji akan secepatnya membuat Master Plan Tourist tentang Danau Toba.  "Kita menyadari bahwa Danau Toba adalah ikon nasional dan harus berkelas dunia, dengan catatan harus tercatat sebagai Unesco Global Biopark, memiliki akses mudah ke lokasi wisata, dan adanya perizinan yang tidak sulit dengan terbentuknya Badan Otorita," pungkasnya.

Begitu pula dengan Mentri PUPR, Basuki Hadimuljono. Menurutnya, untuk menjadikan Danau Toba berkelas dunia, perlu adanya bangunan-bangunan (Gorga) etnik dengan ciri khas daerah Parapat.

Sementara itu, Pangdam I/BB Mayjen TNI MS Fadhilah menyatakan, secara prinsip pihaknya bersama seluruh jajaran Kodam I/BB siap menyukseskan dan mendukung pelaksanaan Calendar of Events Danau Toba 2019. "Selain mengapresiasi peluncuran Calendar of Events Danau Toba 2019 ini, kita juga berhadap Danau Toba bisa semakin terkenal. Tidak hanya di dalam negeri, tetapi juga ke manca negara," kata Pangdam. (Sumber: Pendam I/BB)
Komentar Anda

Berita Terkini