PERINGATI HARI PAHLAWAN, SATGAS YONIF 121/MK & PUSKESMAS ARSO GELAR PENGOBATAN MASSAL UNTUK WARGA DI PERBATASAN

/ Minggu, 11 November 2018 / 20.36
Topinformasi,-- Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Republik Indonesia yang jatuh pada tanggal 10 November 2018, Satgas Yonif 121/MK menggelar pengobatan massal kepada warga di daerah perbatasan negara antara Indonesia dan Papua Nugini (PNG).


Dengan bekerjasama dengan Tim Kesehatan dari Puskesmas Arso Timur dibawah penaggungjawab Kepala Puskesmas Suswanto, S.Kep Nurse, yang menurunkan 3 dokter yaitu, dr. Ria Apriani Siburian, dr. Selvi dan dr. Thiolfa Lopak, Satgas Yonif 121/MK yang dipimpin oleh Komandan Kompi B (Danki B) Satgas Yonif 121/MK Kapten Inf H.S. Sihombing dan 10 orang personel Tim Kesehatan Satgas Yonif 121/MK dibawah penaggungjawab Komandan Peleton Kesehatan (Dantonkes) Satgas Yonif 121/MK Lettu Ckm J. Nainggolan meggelar pengobatan massal yang bertempat di Kampung Wembi Distrik Mannem Kabupaten Keerom Papua pada Sabtu 10 November 2018.


Pengobatan yang diselenggarakan ini melayani pengobatan umum dari semua kelompok umur mulai dari balita hingga warga yang lanjut usia dengan target pencapaian 100 orang pasien. Selain itu juga pelayanan kesehatan ini terlebih memperhatikan perhatian khusus pada pertumbuhan badan dan gizi anak dimana dari pantauan masih banyak anak-anak di Kampung Wembi yang asupan gizinya sangat kurang.


Dengan demikian selain memberikan pelayanan pengobatan Tim Kesehatan juga memberikan nasehat-nasehat yang penting untuk masyarakat yang memiliki anak yang masih dalam masa pertumbuhan dan perkembangan mengenai asupan makanan yang bergizi untuk mencegah agar tidak mudah jatuh sakit serta dengan gizi yang cukup akan menunjang perkembangan otak.


Warga yang menerima pelayanan kesehatan mengungkapkan cukup puas dan senang atas adanya kegiatan tersebut di kampung mereka dan warga berharap kegiatan ini dapat dilakukan secara rutin karena warga merasa layanan kesehatan sekarang ini dirasa cukup kurang serta jauhnya Puskesmas yang ada. Seperti yang dituturkan oleh salah seorang pasien yaitu Bapak Ruben yang berdomisili di Kampung Wembi.


Kegiatan pengobatan massal ini adalah kali kedua yang pernah dilakukan oleh Satgas Yonif 121/MK di Kampung Wembi dalam kurun waktu 9 bulan bertugas sebagai Pasukan Pengamanan Perbatasan Negara di Provinsi Papua. Dimana sebelumnya juga dilaksanakan pada bulan Mei yang lalu di tempat yang sama dan dihadiri banyak warga yang menerima pelayanan kesehatan gratis tersebut.


Komandan Satagas Yonif 121/MK Letkol Inf Imir Faishal yang diwakili oleh Danki B Kapten Inf H.S. Sihombing mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan bhakti sosial TNI yang dapat dilakukan dan dirasakan langsung oleh masyarakat dan sangat bermamfaat bagi warga kita yang berada jauh di pedalaman di sepanjang garis batas negara. Selain itu kegiatan ini merupakan wujud rasa syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa di Hari Pahlawan ini, dimana negara kita merupakan negara yang merdeka hasil jerihpaya para pahlawan yang telah memperjuangkannya dulu, untuk itu merupakan suatu kewajiban kita sebagai anak bangsa meneruskan cita-cita para pahlawan yang menginginkan negara kita ini menjadi negara yang merdeka menuju negara dengan masyarakat adil dan makmur.
Komentar Anda

Berita Terkini