Penyerahan Bantuan Bibit Ternak Bagi 8 Kelompok Tani/ Ternak di Kabupaten Tapanuli Selatan

/ Minggu, 18 November 2018 / 20.55
Topinformasi,-- Tapanuli Selatan, Sabtu, 17 November 2018
Kegiatan penyerahan dimulai Pukul 10.00 WIB, berakhir Pukul 00.00 di hari berikutnya

Kegiatan Pengembangan Pembibitan dan Produksi Ternak Sapi Potong 2018, dengan sumber dana APBD 2018 di Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara secara langsung disaksikan oleh Sekretaris Komisi D DPRD Provinsi Sumatera Utara, Sutrisno Pangaribuan, ST.

Kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk fungsi anggaran yang dimiliki oleh DPRD. Pada kegiatan Reses DPRD beberapa waktu sebelumnya, beberapa usulan masyarakat berupa permintaan bantuan bibit ternak. Kemudian hasil reses tersebut ditetapkan melalui sidang paripurna DPRD sebagai pokok- pokok pikiran DPRD yang dijadikan sebagai salah satu sumber penyusunan program yang didanai oleh APBD.

Setelah kegiatan tersebut ditetapkan dalam APBD TA. 2018, maka kelompok tani/ ternak diusulkan melalui koordinasi dengan Pemerintah Tapanuli Selatan sesuai lokasi reses Sutrisno Pangaribuan. Sehingga kegiatan tersebut telah sesuai dengan tahapan dan mekanisme penyusunan program anggaran pemeerintah provinsi.

Penyerahan ternak dimulai dari Kelompok Tani/ Ternak ( KT) Tarida di desa Damparan Haunatas, Kecamatan Saipar Dolok Hole, kemudian, KT Saba Uncang di kelurahan Sayurmatinggi, Kecamatan Sayurmatinggi, KT Murni I di desa Kotatua, Kecamatan Tanotombangan Angkola, KWT Sinar Tani, di desa Lumban Ratus, kecamatan Tanotombangan Angkola, KWT Sehati di desa Ingul Jae Gadu, Kecamatan Tanotombangan Angkola, KWT Bina Karya di desa Lumban Jabi- Jabi Aek Tembahan, Kecamatan Tanotombangan Angkola, KT Marsada di desa Purbatua, Kecamatan Tanotombangan Angkola, dan KWT Indah Sejahtera di desa Aek Uncim, Kecamatan Tanotombangan Angkola.

Setiap KT/ KWT menerima 8 ekor sapi betina, pakan konsentrat 480 Kg, obat-obatan, dan vitamin. Pihak ketiga selaku penyedia bertanggung jawab menganti bibit ternak selama 7 hari sejak diserahterimakan. Jika dalam 7 hari tersebut ada ternak yang sakit, mati, maka penyedia akan mengganti bibit baru. Setelah hari ke 8, dan selanjutnya menjadi tanggung jawab KT/ KWT.

Pihak KT/ KWT juga secara swadaya mempersiapkan kandang sapi, pakan sapi, dan perawatan sapi, kemudian jika sapi tersebut mengalami sakit, maka segera koordinasi dengan penyuluh pertanian lapangan dan dokter hewan kabupaten. Demikian juga dengan sapi pejantan, menjadi tanggung jawab KT/ KWT untuk menyediakannya, atau berkoordinasi dengan pihak Pemerintah Kabupaten untuk proses kawin suntik IB.

Kegiatan ini diharapkan dapat mendorong tumbuhnya partisipasi masyarakat secara berkelompok untuk membangun kemandirian ekonomi dan swasembada daging. Jika program ini berjalan dengan baik, seluruh pihak bahu membahu, gotong royong, maka kita akan berubah dari importir menjadi eksportir daging sapi.

Maka sangat diharapkan, Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan membina, memfasilitasi berbagai kebutuhan KT/ KWT, sehingga tujuan pemerintah untuk memdorong kemandirian dan ketahanan pangan dapat tercapai. Sebagai anggota DPRD dari Daerah Pemilihan Sumatera Utara 7, Kabupaten Tapanuli Selatan, Mandailing Natal, Padang Lawas Utara, Padang Lawas, dan Kota Padangsidimpuan, kita mendorong tumbuh dan bangkitnya kelompok tani/ kelompok wanita tani secara partisipatif. Budaya gotong royong harus dikobarkan kembali, sehingga upaya mempercepat kemandirian dan ketahanan pangan segera tercapai.

Pada kegiatan penyerahan bibit ternak ini, Sutrisno Pangaribuan, selaku Wakil Ketua Fraksi PDI Perjuangan bersama Yuni Siregar, Juliana Sitorus Staf Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, Pandapotan Gultom, Koordinator Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan Tanotombangan Angkola,   Armawi Batubara Staf PT. Daffa Buana Sakti. Setiap penyerahan sapi, pakan ternak, obat-obatan dan vitamin, langsung dihadiri oleh Ketua dan Sekretaris KT/ KWT dan Kepala Desa masing-masing.

Oloan Pulungan (56) salah seorang anggota Kelompok Tani Saba Uncang Sayurmatinggi menyampaikan ucapan terimakasih kepada Sutrisno Pangaribuan yang memfasilitasi KT Saba Uncang mendapat bantuan ternak sapi dari pemerintah. Kita sudah 73 Tahun merdeka, tetapi baru kali ini Weijk II Kelurahan Sayurmatinggi dapat bantuan ternak. Pada pemilu legislatif tahun 2014 kami belum mengenal dan tidak memilih Bapak Sutrisno Pangaribuan, tetapi beliau memperjuangkan kami saat ini.
Komentar Anda

Berita Terkini