DENGAN DINAS PERTANIAN KABUPATEN KEEROM MELAKSANAKAN PANEN RAYA JAGUNG UNGGULAN

/ Sabtu, 10 November 2018 / 16.47
Topinformasi,-- Bertempat di Pos Komando Taktis (Pos Kotis) Satgas Yonif 121/MK di Kampung Wonorejo Distrik Mannem Kabupaten Keerom, Papua pada Sabtu 10 November 2018 Satgas Yonif 121/MK bersama-sama dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Papua (BPTP Papua) dan Dinas Pertanian Kabupaten Keerom Provinsi Papua serta petani yang ada di Kampung Wonorejo melakukan Panen Raya Jagung Srikandi Kuning.

Jagung yang termasuk varietas terbaru hasil penelitian Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan Bogor , ini digolongkan ke dalam jagung bermutu dan berprotein tinggi. Selain itu, jagung Srikandi Kuning ini di samping mempunyai umur yang relatif pendek yaitu 105-110 hari, juga mempunyai batang yang sangat tegap sehingga sangat kuat untuk menopang tongkol yang mempunyai 12-14 baris. Dan dari hasil penimbangan dalam setiap 1000 biji jagung ini beratnya mencapai 275 gram. Dari hasil pengujian, tanaman jagung ini juga tahan terhadap penyakit dan serangan hama penggerek daun.

Jagung tersebut sengaja dipanen dengan kondisi jagung yang sudah kering dengan tujuan untuk dijadikan sebagai bibit yang akan dibagi-bagi kepada warga atau kelompok-kelompok tani yang ada di Kabupaten Keerom Papua. Dari hasil panen jagung Srikandi Kuning yang ditanam di lahan seluas 1 hektar di Pos Kotis Satgas Yonif 121/MK ini mencapai bobot 8,35 ton dan jika dibandingkan dengan jenis jagung yang lain yang biasa ditanam warga biasanya hanya menghasilkan 6 - 7 ton.

Menurut Komandan Kompi Markas (Dankima) Satgas Yonif 121/MK Kapten Inf Iman Siregar pihaknya sengaja menggandeng Dinas Pertanian Kabupaten Keerom dan BPTP Papua agar mau bekerjasama mengembangkan bibit jagung Srikandi Kuning ini di Kampung Wonorejo dengan mengundang warga agar petani jagung dapat menghasilkan jagung yang leih banyak dengan masa panen yang relatif singkat. Selain itu Dankima juga menambahkan bahwa Satgas Yonif 121/MK bersedia menyiapkan lahan untuk penanaman jagung tersebut yang nantinya apabila sudah panen dapat dibagikan kepada warga untuk dikembangkan.

Menurut salah seorang penyuluh lapangan Dinas Pertanian Kabupaten Keerom Ibu Sarifah, bahwa pihaknya sangat berterimakasih kepada Satgas Yonif 121/MK yang telah bersedia bekerjasama dan menyiapkan lahan untuk penanaman jagung jenis baru tersebut, sehingga Dinas Pertanian Kabupaten Keerom dapat mengembangkan dan memberi penyuluhan kepada petani jagung agar dapat lebih meningkatkan perekonomian warga.
Komentar Anda

Berita Terkini