TOTAL POSITIF
ORANG
Positif
TOTAL SEMBUH
ORANG
Sembuh
TOTAL MENINGGAL
ORANG
Meninggal
INDONESIA

POSITIF , SEMBUH , MENINGGAL

Indonesia
Sumber data : Kementerian Kesehatan & JHU. Update terakhir :

Kapal Fery Penumpang yang Bernama KMP Ihan Batak Akhirnya Diluncurkan DiPerairan Danau Toba

/ Sabtu, 01 September 2018 / 22.27
Samosir,Topinformasi -- Kapal motor penumpang (KMP) Ihan Batak telah di luncurkan pada Sabtu (1/9/2018), di Desa Parparean II, Kecamatan Porese, Kabupaten Samosir.KMP Ihan Batak ini akan berlayar di perairan Danau Toba dengan rute Ajibata, Parapat - Ambarita, Samosir.
Kapal ini akan mulai rutin beroperasi pada Oktober mendatang.Dirjen Perhubungan Budi Setiadi mengatakan, sampai tahun 2020 akan diluncurkan 4 unit lagi kapal penyeberangan di Danau Toba."Selain KMP IHAN Batak, saat ini 1 unit lagi sedang berlangsung pengerjaan. Ini adalah bentuk komitmen pemerintahan Presiden Joko Widodo, bahawa Danau Toba ditetapkan menjadi destinasi parawisata internasional," kata Budi.
Dalam peluncuran ini turut hadir di antaranya, Bupati Toba Samosir Darwin Siagian, Pengembangan Badan Otorita Danau Toba (BODT) Ari Prasetio serta muspika dan muspida Kabuapten Toba Samosir. Acara peluncuran KMP Ihan Batak ini pun ramai dibagikan netizen ke media sosial.
Ihan atau ikan Batak (Neolissochillus Thienemanni sumatranus) adalah ikan endemik di Tanah Batak yang sudah terancam punah dan masuk dalam Red List Status di IUCN (International Union for Conservation of Nature and Natural Resources) dengan kode Ref.57073 sejak tahun 1996.Ihan Batak berasal dari dari genus Neolissochilus.Ikan Batak yang dikenal secara umum di dunia perikanan dari genus Tor, memang tampilannya mirip dengan ‘ihan’ genus Neolissochilus, dan memang berasal dari keturunan yang sama yaitu Family Cyprinidae.

Genus Tor dijumpai di berbagai habitat aslinya di Indonesia seperti di Tanah Batak (Sumatera Utara), Sumaetra Barat, Aceh, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan, dan mungkin masih banyak ditemukan di daerah lainnya.Ikan Batak yang dimaksud (genus Tor) bagi orang Batak sendiri dikenal dengan nama dekke Jurung-jurung atau Ikan Jurung. Secara umum Ikan Jurung ini disebut sebagai Ikan Batak karena di tanah Batak lebih lazim digunakan dalam suatu prosesi adat.
Bentuk tubuh ihan Batak memanjang dan ramping, warnanya seperti perak, mengilap. Ada juga jenis bagian punggungnya menghitam.Ihan Batak sebagai simbol kesuburan dengan harapan kepada keluarga yang diberikan penganan dari Ikan Jurung-jurung ini akan berketurunan banyak, baik laki-laki dan perempuan dan mendapat rejeki sebagaimana perilaku Ikan Jurung-jurung tersebut yang sifat hidupnya membaur beriring-iringan.
Ihan Batak kerap digunakan sebagai sarana brdoa dan makan bersama, misalnya ketika ada acara merayakan kehamilan tujuh bulan (nujuh bulana), atau acara adat ritual pada masayarakat Batak Toba.
Komentar Anda

Berita Terkini