Launching Destinasi Wisata" Bale Bukit Zaitun " Hilimbowo Nias Barat Sangat Bernilai Estetik

/ Jumat, 03 Agustus 2018 / 16.15

NIAS - Dikabupaten Nias Barat desa Hilimbowo kecamatan Mandrehe Utara dilaksanakan acara meriah  Lauching Destinasi Wisata "Bale Bukit Zaitun" tepat hari Kamis ( 2/8/2018) pukul 10.00 wib s/d 17.00 wib.

Dihadiri para tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh adat dan ketua organisasi sekabupaten Nias Barat, bahkan Sekepulauan Nias.

Pada acara tersebut, sangat mendukung Pemerintah Kabupaten Nias Barat dan menyampaikan sambutan dan arahan serta dukungan penuh pada obyek wisata di desa Hilimbowo ini, demi peningkatan kemakmuran dan kesejahteraan rakyat Nias Barat.

Juga dihadiri oleh Bupati Kabupaten Nias Barat Bapak Faduhusi Daely, S.Pd, Wakil Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu, Camat Mandrehe Utara, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah(OPD), Ketua DPRD Nias Barat Ir.Nitema Gulo, M.Si, DR.Fonali Lahagu sebagai Tokoh Masyarakat, Prof DR.Fakhili Gulo, Kadis Pariwisata Nias Barat, Ketua Syalom Yasiduhu Gulo, Kades Sekecamatan Mandrehe Utara, Pdt.BNKP Jemaat Balodano, Ketua TP PKK Nias Barat, dan Kepala Sekolah SMAN 2 Mandrehe Utara. Antusias masyarakat Nias Barat sangat tinggi, hampir 5000  masyarakat Nias Barat maupun dari luar Nias Barat menghadirinya.

Bupati Nias Barat Faduhusi Daeli mengatakan" secara resmi meresmikan Destinasi Wisata Bale yang ditandai dengan Pemukulan Gong dan Penyerahan Surat Keputusan Penetapan Lokasi Destinasi Wisata Bale Bukit Zaitun Desa Hilimbowo Kecamatan Mandrehe Utara. Bupati Nias Barat menjelaskan bahwa Nias Barat  memiliki potensi dan  keunggulan, seperti panorama wisata air di desa Hilimbowo kecamatan Mandrehe Utara , Juara Silat dari Nias Barat, artis Nias Barat dll ,ini sangat menguntungkan demi kemajuan dan berdampak baik pada ekonomi kerakyatan Nias Barat, papar Bupati.

Bupati Faduhusi Daely, S.Pd menjanjikan pada APBD 2019 akan menganggarkan pembangunan wisata Bale Bukit Zaitun desa Hilimbowo Kabupaten Nias Barat, mengakhiri.

Pemerhati Budaya sekaligus tokoh Masyarakat Bapak DR.Fonali Lahagu terpantau, dapat  merangkul masyarakat terutama beberapa desa tetangga di Desa HIlimbowo untuk menyatukan pemikiran mendukung budaya dan Launching Destinasi Wisata Bale Bukit Zaitun ini.

Fon Lahagu, berterimakasi kepada tokoh pemuda, ketua-ketua Ormas, lsm kepulauan Nias  dan media online, cetak dan elektronik yang mengekspos dipublk panoramik Bale Bukit Zaitun serta berkenan hadir menghadiri acara launching ini tuturnya kepada wartawan topinformasi.com dirumah adat milik orangtuanya didesa  Hilimbowo-Lahagu Mandrehe Utara Kabupaten Nias Barat.

Tokoh DR Fonali Lahagu ini menjelaskan bahwa " Bale Bukit Zaitun memiliki potensi wisàta yang cukup lengkap diantaranya :  Wisata Budaya, Wisata Alam, dan Wisata Sungai", urainya.

Wakil Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu menyatakan saat diwawancarai" pelaksanaan Launching Bale Bukit Zaitun obyek wisata ini didukung penuh oleh pemerintah Kabupaten Nias Barat, anggaran pelaksanaan acara besar ini bersumber dari masyarakat itu sendiri, tuturnya.

Tokoh masyarakat atau perwakilan keturunan pemilik lahan Bapak Folo'o Lahagu alias ama.Ziagus Lahagu memjelaskan  kepada media topinformasi.com kami telah setuju menghibahkan lahan ini kepada pemkab Nias Barat untuk dijadikan tempat obyek wisata Bale Bukit Zaitun', ungkapnya.

Dipercayakan para tokoh marga Lahagu kepada Bapak Raminudi Lahagu alias ama Nika menjelaskan kepada media topinformasi bahwa"Secara resmi kita serahkan buku silsilah keturunan marga Lahagu  kepada Bupati Nias Barat pada acara Launching oleh Bapak Dr Fonali Lahagu.

Lanjut, pembuatan buku ini berawal " sudah ada kian data nama-nama keturunan marga Lahagu, dan tidak berlainan dengan tabo aslinya" karena kondisinya agak lapuk, maka disempurnakan menjadi sebuah buku agar mudah dibaca dan di foto kopi serta gampang di publikasikan dan diketahui oleh keturunan marga Lahagu se kepulauan Nias bahkan diluar daerah Nias', paparnya.

Tokoh ini juga menambahkan"buku ini kita buat hanya sampai pada keturunan ke 19  dan itupun belum semua kita data, harapan kami sekaligus menghimbau kepada seluruh marga Lahagu atau keturunan Lahagu menghubungi kami di No Hp: 0813 2801 9888 agar terdaftar dan masuk dalam pendataan.
Kami sebagai pengurus ini hanya perwakilan kita bersama, silsilah atau buku ini milik marga Lahagu yang ada  dibumi nusantara Indonesia umumnya dan khususnya di sekepulauan Nias, Raminudi mengakhiri, (Yason Yonata Gea, S.Pd)
Komentar Anda

Berita Terkini