Ferari (Federasi Advocat Republik Indonesia) Membuka Pendaftaran Advocasi

/ Sabtu, 04 Agustus 2018 / 20.02

MEDAN - Anda berminat menjadi advokat? Mari bergabung di Federasi Advokat Republik Indonesia atau yang disingkat dengan FERARI. Organisasi baru besutan tangan terampil DR (Yuris) DR (MP) H Teguh Samudera SH MH, sang ahli dan pakar hukum Indonesia yang kredibilitas dan kapasitasnya tidak diragukan lagi itu berhasil melahirkan dan mendudukkan organisasi ini sejajar dengan organisasi advokat yang telah ada sebelumnya.

Perkembangannya pun cukup pesat. Sudah hampir seluruh provinsi di Indonesia yang ada pengurusnya. Termasuk DPD FERARI Sumatera Utara yang dipercayakan dipimpin oleh Baginta Manihuruk SH MH.

Bahkan, lewat pengurus DPD FERARI Sumut itu, organisasi ini sedang mempersiapkan lahirnya advokat-advokat muda melalui Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) yang selanjutnya dilakukan ujian penerimaan, dirangkai dengan Berita Acara Sumpah dari Kepala Pengadilan Tinggi sehingga dapat beracara.

“Kita sudah mulai buka pendaftaran yakni sejak 1 Agustus sampai 26 Oktober 2018 ini. Waktu pelaksanaan PKPA akan berlangsung pada 27 Oktober sampai 24 November. Digelar tiap Sabtu dan Minggu. Kemudian pada 8 Desember 2018, kita lakukan juga Ujian Profesi Advokat. Semua agenda itu dilakukan di Hotel Grand Antares Medan,” terang Baginta yang ditemui di hotel tersebut, Sabtu (4/8) siang.

Siapa saja yang bisa mendaftar? Tentunya adalah mereka yang telah menyandang gelar Sarjana Hukum, Sarjana Hukum Islam dan Sarjana Ilmu Kepolisian, termasuk mereka yang masih berstatus mahasiswa Fakultas Hukum semester akhir yang telah lulus hukum acara atau lusus meja hijau dibuktikan dengan leges transkrip atau surat tanda lulus atau surat keterangan telah meja hijau dari fakultas yang bersangkutan. “Biayanya cukup murah. Lihat saja brosur yang sudah kita sebarkan. Termasuk melalui media ini,” sebut Baginta yang didampingi Sekretarisnya Parningotan Harahap SH, serta Ketua DPC FERARI Medan Ganda Putra Marbun SH MH, serta Presiden LBH FERARI Sumut Lindung Pandiangan SE SH MH dan unsur pengurus lainnya.

Sekedar diketahui, kita patut berbangga hati bahwa saat ini di Indonesia telah hadir Organisasi Profesi Advokat FERARI yang dinahkodai DR (Yuris) DR (MP) H Teguh Samudera SH MH. Sebagai pimpinan tertinggi, pengacara kawakan nasional ini merasa terbeban untuk mengembalikan marwah Advokat yang sesungguhnya agar kembali kepada tempatnya yaitu sebagai profesi yang terhormat (Officium Nobile).

Idealnya seorang advokat bisa dikatakan sebagai profesi mulia dan terhormat apabila melaksanakan profesi hukumnya dengan mendasarkan diri pada nilai-nilai dan moralitas yang tinggi seperti yang terdapat dalam aturan dan standar dari kode etik profesi advokat.

Perlu diketahui bahwa saat ini Organisasi Advokat Ferari telah berdiri hampir disemua propinsi dan kabupaten di Indonesia, sehingga dari tingkat pusat dan daerah soliditas Organisasi Advokat Ferari tidaklah diragukan lagi.

Sebuah pencapaian yang sangat mengagumkan bahwa Organisasi Advokat Ferari ini, pada akhirnya nanti akan mendapatkan porsi dan tempat serta penghaargaan tertinggi dari instansi penegak hukum yang sudah ada di Negara ini baik itu dari Instansi Kepolisian, Kejaksaan maupun Kehakiman serta Organisasi Advokat lainnya.(red)
Komentar Anda

Berita Terkini