Bhakti Sosial TNI Manunggal KB-Kesehatan dan Hari Keluarga Nasional XXV Kabupaten Serdang Bedagaii

/ Rabu, 29 Agustus 2018 / 22.23
SERGAI,- Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir H Soekirman menghadiri Bhakti Sosial TNI Manunggal KB-Kesehatan dan Hari Keluarga Nasional XXV Kabupaten Serdang Bedagai Tahun 2018 bertempat di Lapangan  Sepak Bola Desa Bingkat Kecamatan Pegajahan, Selasa (28/8).


Hadir juga dalam acara tersebut Kajari Sergai Jabbal Nur, SH, MH, Waka Polres Sergai Kompol Edi Bona Sinaga, Kakan Kemenag Sergai Drs. HM Syafii, MA, Ketua MUI Sergai H. Lukman Yahya, kepala BNNK Sergai Adlin Tambunan, Ketua TP PKK Sergai Ny. Hj Marliah Soekirman, perwakilan BKKBN, Danramil Tanjung Beringin, Kepala OPD, Camat, anggota Persit KCK Kodim 0204/DS, TP PKK kecamatan, Kades, duta genre, pelajar, tenaga kesehatan dan para pelajar.


Dalam sambutan Bupati Ir. H. Soekirman mengatakan bahwa dengan semangat gotong royong dan sinergi kita jadikan Kampung KB sebagai poros keluarga berkualitas yang diperkuat dengan konsep keluarga berkumpul, berdaya, bersatu dan peduli terhadap lainnya. Oleh karenanya mari kita mulai untuk meningkatkan kebersamaan dalam keluarga agar tercipta keluarga yang harmonis.



Dikatakan Bupati juga pada hari ini kita uangkapkan rasa cinta keluarga, cinta terencana dan cinta indonesia. Hal ini untuk mengunggah semangat keluarga dan masyarakat, karena seluruh bangsa Indonesia bersatu padu hingga akhirnya kita dapat masuk dalam ranking 4 besar Asia pada perhelatan Asian Games yang banyak mengukir prestasi, katanya.



Terkait dengan program kependudukan bahwa kita semua harus bersatu untuk penguatan dan percepatan sasaran program kependudukan. Dalam urusan pemerintah daerah mesejahterakan keluarga dan KB masuk dalam nomor  12 yang terdapat pada PP No.38 tahun 2007.



" Urusan ini wajib karena target didalamnya menyangkut pengendalian penduduk dan mensejahterakan keluarga. Oleh sebabnya  dimulai dari Camat, Kades dan Lurah dan Istri Camat harus bisa memberikan pemahaman kepada masyarakat sehingga target pengenda.ian penduduk dan KB dapat tercapai," pinta Bupati.



Sudah 40 tahun KB dicanangkan, jika KB tidak dicanangkan maka akan terjadi ledakan penduduk. Jika penduduk meningkat maka kebutuhan akan bahan pangan juga akan meningkat.


Oleh karena itu untuk mengantisipasi kondisi seperti ini khususnya produktivitas pertanian harus ditingkatkan seperti halnya negara Cina dan India meskipun penduduknya banyak namun mampu mengekspor beras ke luar negeri. Hal ini menandakan bahwa negara- negara ini memiliki masyarakat dengan SDM yang mumpuni untuk peningkatan produksi pertanian, pungkas Bupati.



Ketua Panitia Ny. Hj. Marliah Soekirman laporannya mengatakan
acara diawali dengan gelaran pencak silat dan tari persembahan, sebelumnya laporan Panitia Harganas oleh Ny. Hj Marliah Soekirman menyampaikan bahwa tujuan digelarnya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan peran serta pemerintah dan pemerintah daerah, mitra kerja dan swasta tentang pentingnya penerapan dan fungsi keluarga serta pembentukan karakter sejak dini dengan konsep pendekatan keluarga berkumpul, berinteraksi, berdaya serta peduli berbagi.



Dengan mengangkat tema " Hari Keluarga : Hari Kita Semua dengan membawa tagline Cinta Keluarga, Cinta Terencana, Cinta Indonesia".



Sedangkan untuk memeriahkan acara dilaksanakan berbagai lomba diantaranya, lomba PLKB Teladan, Lomba Institusi Masyarakat Pedesaan ( PPKBD dan Sub PPKBD), Lomba Kader BKB, lomba Kader BKR, Kader BKL, loamba Kelompok UPPKS, KB lestari 15 tahun, lomba PIK R/M, jelasnya.



Kemudian Kabupaten Sergai memperoleh juara sebanyak 5 (lima) kategori  lomba, sebagai juara I Tingkat Provinsi yang dilanjutkan ke tingkat nasional. Adapun pemenang tersebut diantaranya juara II PLKB Teladan atas nama Devi Dwi Yana Utami dari Kecamatan Pantai Cermin, juara I lomba IMP (PPKBD) atas nama Yusdiana dari Desa Jati Mulyo Kecamatan Pegajahan, tutupnya Hj Marliah.



Sedangkan Ketua Umum Revitalisasi Program KB-Kes Lettu Inf. Sucipto menyampaikan laporan pencanangan Bhakti Sosial KB-Kes di wilayah Kodim 0204 Deli Serdang yang bekerjasama dengan BKKBN merupakan hasil koordinasi  serta keterpaduan program dari seluruh Dinas/Instansi terkait dengan Pemkab Sergai.



Kemudian melakukan Komunikasi, Informasi dan Edukasi home visit KB bagi masyarakat Kecamatan Pegajahan. Melakukan pelayanan KB permintaan masyarakat selama 3 bulan mulai Juli-September 2018, tukas Inf. Sucipto.



Sementara itu sambutan Dandim 0204/DS Letkol Arm H. Asep Hendra Budiana, SH, MM yang diwakili oleh Mayor Inf. Dumaris Silalahi mengatakan bahwa program KB-Kes melalui kegiatan ini merupakan wujud nyata seluruh stake holder dukung upaya pemerintah kurangi laju pertumbbuhan penduduk.



Program KB-Kes melalui kegiatan ini juga merupakan salah satu implementasi dari kesepakatan bersama antara BKKBN dan TNI dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan kehidupan masyarakat melalui pelayanan KB dan Kesehatan untuk mewujudkan ketahanan masyarakat yang merupakan basis Ketahanan Nasional dalam rangka meningkatkan Ketahanan Negara dan Bangsa Indonesia, ungkapnya.



Untuk itu Dandim berharap agar program KB harus menjadi gerakan yang diterima oleh seluruh kalangan masyarakat diwilayah Kabupaten Sergai. Selain itu juga kepada para petugas di lapangan agar dalam memberikan pelayanan diupayakan semaksimal mungkin meliputi tentang informasi, advokasi dan konseling yang jelas serta terpadu sehingga masyarakat benar-benar langsung dapat merasakan manfaatnya.



Selanjutnya, Kepala BKKBN Provsu Drs. Temazaro Zega, M.Kes yang diiwakili Kabid KBKR Ahmad Sofiyan Rangkuti, SH, MAP mengucapkan terimakasih kepada Ketua TP PKK Sergai Ny. Hj Marliah Soekirman atas penghargaan Manggala Karya Kencana (MKK) dari Kepala BKKBN RI pada Harganas tingkat nasional di Manado lalu. Penghargaan ini diberikan atas prestasi, komitmen, dukungan dharma bhaktinya yang besar serta kepemimpinan Hj. Marliah yang telah berhasil dalam pelaksanaan program kependudukan, KB dan pembangunan keluarga di Tanah Bertuah Negeri Beradat, ujarnya.



Selain itu juga penghargaan ini merupakan pencapaian luar biasa mengingat penghargaan  MKK adalah penghargaan yang diberikan kepada individu yang memiliki kontribusi dan komitmen pembangunan yang tinggi bidang kependudukan, KB dan pembangunan keluarga.



Oleh karena itu Kepala BKKBN Provsu berharap dengan penghargaan ini kita semua tetap dapat bekerjasama dengan giat dan semangat mengambil bagian dalam kesuksesan program KKBPK serta dengan segala kerja keras dan komitmen dalam mendukung program ini sehingga dapat dipertahankan bahkan trus ditingkatkan guna meningkatkan kualitas hidup bagi masyarakat khususnya di Kabupaten Sergai, tutupnya.



Kegiatan yang dilaksanakan hari ini diwarnai dengan Pelayanan KB gratis dengan target 100 akseptor, pelayanan kesehatan umum, dan gelar dagang kelompok UPPKS. Selain itu penyerahan hadiah bagi para pemenang lomba Bhaksos TNI KB- Kes tahun 2016. Selain itu, kegiatan juga diwarnai dengan drama kolosal dari PIK R Desa Bingkat Kecamatan Pegajahan.
Komentar Anda

Berita Terkini