Pemkab Asahan Peringati Hari Lahir Pancasila

/ Sabtu, 02 Juni 2018 / 19.02
Pemerintah Kabupaten Asahan menggelar upacara peringatan Hari Lahirnya Pancasila yang jatuh pada 1 Juni. Upacara langsung dipimpin Dandim 0208 Asahan, Letkol ARM Suhono, Jumat, (1/6/2018) sekira pukul 08.00 wib di Alun-alun Rambate Rata Raya Kisaran.
Meski masih dalam suasana puasa Ramadhan namun tidak mengurangi minat seluruh peserta yang terdiri dari unsur TNI/Polri, Aparatur Sipil Negara (ASN) dan lainnya guna mengikuti jalannya upacara tersebut.
Dalam amanatnya yang dibacakan Pemimpin Upacara, Presiden RI Joko Widodo mengungkapkan bahwa Pancasila diperkenalkan oleh Soekarno dalam pidatonya pada 1 Juni 1945.
” Soekarno memperkenalkan Pancasila setelah pada sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) pada 29 Mei-1Juni 1945. Dimana MUhammad Yamin, Soepomo, dan Soekarno dalam hari hari tersebut memaparkan tentang dasar negara, ” ucap Dandim.
Dandim juga menyampaikan ucapan Presiden RI bahwa kodrat bangsa Indonesia adalah keberagaman yang mana Tuhan telah menakdirkan masyarakat Indonesia dari Sabang sampai Merauke adalah keberagaman.
” Keberagaman dimaksud dari berbagai etnis, bahasa, adat istiadat, agama, kepercayaan dan golongan telah bersatu padu membentuk Indonesia,”Itulah kebhinneka tunggal ika-an kita, ” pungkasnya.
Turut hadir dalam upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tersebut, Wakil Bupati Asahan, H Surya Bsc, Danyonif 126 KC, Perwakilan Danalanal Tanjung Balai, Kajari Asahan, Pengadilan Negeri Kisaran dan OPD Setdakab Asahan serta para undangan lainnya.
Komentar Anda

Berita Terkini