Hasil Pertandingan Kroasia vs Nigeria: 2-0

/ Minggu, 17 Juni 2018 / 20.12
Timnas Kroasia sukses mengawali perjalanan mereka di Piala Dunia 2018 dengan baik. Mereka berhasil mengamankan 3 angka setelah menaklukan wakil Afrika, Nigeria dengan skor 2-0.

Gol kemenangan Kroasia ini merupakan 'sumbangan' dari Nigeria atas gol bunuh diri Oghenekaro Etebo dan ditambah eksekusi penalti Luka Modric di babak kedua.


Pertandingan yang digelar di Kaliningrad Stadium ini berjalan dengan tempo yang sedang. Kedua tim sama-sama masih berhati-hati untuk membangun serangan.

Nigeria sendiri mengamil inisiatif serangan di awal babak pertama. Mereka mendapatkan tendangan bebas saat laga baru berjalan dua menit, namun tendangan bebas Victor Moses itu tidak mamu menembus pertahanan Kroasia.

Ketika pertandingan melewati 10 menit, Kroasia mulai mendominasi pertandingan. Pada menit 14 Ivan Perisic sempat mengancam gawang Nigeria berkat tendangan kerasnya yang melenceng tipis dari gawang Nigeria.

Kesulitan untuk menguasai bola, Nigeria lebih banyak memanfaatkan skema serangan balik yang kerap membuat barisan pertahann Kroasia ketar-ketir.

Setelah setengah jam babak pertama berjalan, gol yang ditunggu-tunggu akhirnya datang juga. Berawal dari sepak pojok, Mario Manduzukic menyundul bola ke gawang Nigeria. Bola sundulan itu mengenai kaki Oghenekaro Etebo sehingga berujung menjadi gol bunuh diri. Skor berubah 1-0 untuk keunggulan Kroasia.

Unggul satu gol membuat Kroasia semakin percaya diri. Namun mereka gagal menghasilkan peluang yang berarti sehingga babak pertama ditutup dengan skor 1-0.


Di babak kedua, pertandingan masih berjalan dengan tempo sedang. Kedua tim berusaha untuk bermain hati-hati untuk membongkar permainan lawan.

Selama 15 menit pertandingan babak kedua tidak ada peluang yang berarti. Untuk mengatasi situasi buntu ini, kedua pelatih melakukan pergantian pemain.

Pelatih Zlatko Dalic menarik keluar Andrej Kramaric untuk digantikan Marcelo Brozovic, sementara Gernot Rohr menarik keluar Alex Iwobi untuk digantikan Ahmed Musa.

Ketika pertandingan memasuki menit 70 Timnas Kroasia mendapatkan hadiah penalti, setelah Troost-Ekong didakwa bersalah setelah mencoba menghadangi Mario Mandzukic. Luka Modric yang bertugas sebagai Algojo melakukan tugasnya dengan baik sehingga Kroasia Ungul 2-0.

Di sisa babak kedua ini Nigeria tampil semakin menekan. Mereka ingin mengejar defisit dua gol dari Kroasia. Namun hingga wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya pertandingan, skor 2-0 tetap bertahan untuk keunggulan Kroasia.

Berkat hasil ini Kroasia menduduki peringkat pertama Grup D dengan raihan 3 poin, sementara Nigeria harus puas berada di dasar klasemen dengan raihan 0 poin.

Susunan Pemain Kedua Tim

Kroasia (4-2-3-1): Subasic; Strinic, Vida, Lovren, Vrsaljko; Modric, Rakitic; Perisic, Kramaric (Brozovic 60'), Rebic (Kovacic 78'); Mandzukic (Pjaca 86')

Nigeria (4-2-3-1): Uzoho; Idowu, Balogun, Troost-Ekong, Shehu; Etebo, Ndidi; Moses, Obi Mikel (Simy 88'), Iwobi (Musa 62'); Ighalo (Iheanacho 73'). (bola/dub).
Komentar Anda

Berita Terkini