Hari ke-VIII Hasil Pencarian KM Sinar Bangun di Pos Simanindo

/ Senin, 25 Juni 2018 / 21.54

Samosir (Topinformasi.com)-Dikutip dari www.samosirkab.go.id hasil ke-VIII pencarian KM Sinar Bangun di Pos Simanindo belum berbuah hasil.

Direncanakan Tim Posko Simanindo besok dalam pencarian akan melibatkan alat Multi-Beam Echo Sounder.

Armada yang digunakan dalam pencarian hari ke-VIII,(25/06/18),
1.    KM Ferry SUMUT I  50 Personel TNI /Polri/Relawan
2. KM Ferry SUMUT II 50 Personel TNI /Polri/Relawan
3. Kapal Kayu :
      a. KM. Silimalombu
      b. Bara JP
4. Kapal kayu OPS Simanindo yang membawa relawan dan masyarakat  7 Unit Kapal dengan personel 70 orang
5. Kapal Patroli Cepat BPBD Kabupaten Samosir 6 Personel
6. Kapal Karet BPBD Kabupaten Samosir 3 Personel
7. Kapal Patroli DISHUB Kabupaten Samosir 2 Personel.

Info yang di dapatkan dari Posko di Tigaras bahwa titik koordinat kapal belum ditemukan hanya dugaan sementara,"Posko Utama SAR Gabungan Belum memberikan kepastian koordinat, Ada 2 lokasi yang dicurigai berdasarkan Hasil pencarian menggunakan multibeam, sampai Saat ini masih dilakukan pencarian dengan Cara penggarukan kedua koordinat yang dicurigai agar bisa menggeser objek kemudian memasang multibeam kembali untuk memastikan objek, kita masih menunggu Hasil dari lapangan yang masih bekerja.

Pencarian hari ke-VIII Tim Basarnas yang dikomandoi Agus H melakukan koordinasi dengan Tim di Posko Simanindo yang terdiri dari Pihak Pemkab Samosir, TNI,  POLRI,  Pihak OPS Simanindo dan Tim Relawan dimama Tim Posko Simanindo dikoordinasikan  Sekda Samosir Jabiat Sagala.  Menurut TIM Basarnas kedalaman air sangat dalam di Danau Toba mencapai 510 meter kita berharap alatnya bisa bekerja dengan baik.

Pencarian tadi pagi dilakukan sejauh 1 Mil dilakukan dilokasi yang terdeteksi sonar Basarnas.  Sekitar pukul 13.00 WIB ombak tambah besar,  angin besar dan hujan turun dan jam 15.00 WIB diambil kesimpulan distop pencarian demi keamanan Tim. Untuk hari ini  hasil pencarian masih Nihil.

Besok pagi kita mulai breafing dan pencarian yang rencananya dipimpin oleh Direktur dari  Basarnas,besok akan dilibatkan Kapal yang berisi alat sonar Multi-Beam Echo Sounder.Alat ini mampu mendeteksi logam hingga kedalaman 800 meter alat ini sudah memdetekai  dugaaan titik kapal tenggelam. Kapal yang berisi alat tersebut akan memimpin Tim di depan dalam usaha pencarian besok pagi. Peralatan  tambhaan yang dibutuhkan adalah jangkar, tali, dan mengharap TIM pencari hari ini ikut juga untuk besok  ucap tim Basarnas Agus H mengakhiri.

Basarnas melakukan pencarian dengan dibantu alat sonar Multi-Beam Echo Sounder. Alat ini mampu mendeteksi logam hingga kedalaman 600 meter, namun hingga hari kelima belum ada tanda-tanda temuan. Basarnas kemudian memutuskan menggunakan alat sonar yang lebih baik dari TNI, Multi-Beam Scan Sounder karena diduga KM Sinar Bangun tenggelam di kedalaman 800 meter.

Sekda Kabupaten Samosir Jabiat Sagala menyampaikan dari hasil pencarian hari ini maka besok agar dimulai lebih cepat untuk menghindari cuaca buruk, kalau bisa Jam 8.00 sudah bergerak. Diharapkan semua personel agar mempersiapkan diri untuk proses pencarian lanjutan di besok pagi.***(Red)

Sumber:www.samosirkab.go.id
Komentar Anda

Berita Terkini