Bersama Petani,Bupati Mentargetkan Humbahas Menuju Lumbung Pangan Nasional

/ Jumat, 29 Juni 2018 / 12.39



Humbahas,Topinformasi.com || Dikutip dari Reaksi Humbahas,Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas) Dosmar Banjarnahor didampingi Kabid Pertanian Yosef Habeahan, Kasatpol PP RIcky T Sihite dan Kabag Protokelir Lampos Purba tidak henti-hentinya turun langsung ke lapangan pertanian untuk bercocok tanam dengan para petani sekaligus memberikan arahan kepada warga agar lebih giat untuk bertani.
Harapan Bupati dengan program petani sejahtera menuju Humbahas sebagai lumbung pangan nasional, kali ini Bupati Dosmar langsung ke Desa Aeknauli II untuk menanam jagung bersama petani di lahan yang telah disediakan.

Pontas Lumban Gaol pemilik lahan sangat senang atas kehadiran Bupati Humbahas dan tim,"baru pertama kali kami langsung bisa bersama bupati untuk bercocok tanam. Kami ucapkan terima kasih atas kehadiran bupati di desa kami",ujarnya.
Selanjutnya, bupati bertolak ke Buhit Dusun IV, Desa Ria-ria, Kecamatan Pollung untuk bercocok tanam jagung di lahan warga. Tiba di lokasi, Bupati Dosmar dan rombongan bersama-sama warga langsung menanam jagung.
Kepada awak media, Dosmar mengatakan, kami di Kabupaten Humbahas ini kebanyakan warganya petani. “Untuk itu, kami dari pemerintahan berupaya semaksimal mungkin untuk mensejahterakan hidup para petani,”kata Bupati Dosmar.

Bupati menambahkan, sekarang ini Kabupaten Humbahas telah mendapatkan banyak bantuan alat dari Kementerian Pertanian (Kementan) untuk menunjang pertanian di kabupaten ini. “Contohnya traktor, mesin pemipil jagung dan bahkan untuk saat ini Kementan memberikan dana tunai langsung ditransfer ke rekening petani bila mana petani menanam padi gogo di lahan mereka yang selesai panen padi. Hal ini bertujuan supaya pasca panen bisa dua kali setahun yang biasanya hanya satu kali setahun,” tutur Dosmar.

Selesai dari Buhit Dusun IV, Bupati Humbahas beserta rombongan kembali ke Lumban Siantar, Desa Pollung, Kecamatan Pollung untuk kembali menanam jagung bersama warga Lumban Siantar. Sampai di lokasi, bupati sudah ditunggu para petani. Bupati bersama rombongan kembali memberikan contoh bagaimana cara menanam jagung yang benar yang selanjutnya diteruskan oleh petani. Usai memberikan arahan dan cara menanam jagung yang benar, bupati dan rombongan kembali ke desa berikutnya untuk memberikan pemaparan kepada petani supaya menanam jagung dan padi gogo.***(Red)
Komentar Anda

Berita Terkini