Tepis Hoax Kutipan Berbuka Puasa, Panwascam se-Kota Medan Siap Teken Surat Pernyataan

/ Rabu, 30 Mei 2018 / 23.32
Panwas Kota Medan berfoto bersama anak yatim


Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kota Medan menggelar buka puasa bersama, Minggu (27/5/2018). Acara yang mengundang dan memberikan tali asih kepada belasan anak yatim piatu itu terselenggara berkat partisipasi seluruh unsur pengawas, termasuk jajaran Panwas Kecamatan se-Kota Medan.

Acara yang berlangsung di sore hari itu sederhana namun penuh keakraban. Bahkan sebelum kegiatan berlangsung pun, kebersamaan itu sudah tampak dimana para komisioner non muslim sejak pagi hari sudah hadir memberikan waktu dan tenaga dalam mempersiapkan keperluan-keperluan agenda itu.

“Kita memang sengaja datang jauh lebih awal dari acara. Soalnya teman-teman yang muslim kan pasti sedang menjalankan puasa. Ndak enak lah mereka juga yang menyiapkan acara ini. Ini bentuk toleransi kita,” ujar Jonson Sibarani SH, selaku komisioner Panwascam Medan Marelan di sela-sela acara, diamini rekan-rekannya sesama non muslim.

Dari mana anggaran kegiatan itu hingga bisa berlangsung? Jonson yang didampingi Rido Edward Sitompul selaku Komisioner Panwascam Medan Maimun mengatakan, semua itu terlaksana berkat partisipasi unsur pengawas.

“Sejak di awal perencanaan, kami semua sudah sepakat acara buka puasa bersama itu memang harus dilakukan. Tapi karena tidak ada anggaran, makanya kami pribadi lepas pribadi terpanggil untuk berpartisipasi guna mensukseskan acara itu. Karena memang acara tersebut sangat pas, sebagai bentuk silaturahmi dan persaudaraan, terlebih di antara kami sebagai sesama pengawas,” kata Rido menimpali.

Disinggung soal adanya pemberitaan miring dari salah satu media yang menuding adanya pengutipan sehingga sejumlah komisioner merasa keberatan, langsung dibantah Jonson, Rido termasuk sejumlah komisioner dari berbagai kecamatan.

“Siapa yang bilang itu kutipan? Itu semua dari hasil musyawarah, hasil kesepakatan bersama. Pribadi lepas pribadi lalu menyatakan sepakat dan menukung. Jadi komisioner mana itu? Jangan asal sebut. Jangan merusak kebersamaan yang sudah bagus kami jalin selama ini,” kata Jonson diamini rekan-rekannya.

Di tempat yang sama, Ketua Panwas Medan Marelan, Raja Malem Purba SH bahkan lebih ketus lagi menjawab. “Kecamatan mana yang keberatan itu? Jangan lempar batu sembunyi tangan. Bila perlu kami semua mau teken surat pernyataan bahwa tidak ada pemaksaan untuk mengadakan acara itu. Tolong agar yang mencuatkan isu itu bertanggungjawab,” kesal komisioner yang dikenal vokal ini.

Justru, tambah Raja Malem yang didampingi Komisioner Panwas Medan Baru, Hasudungan Silaen SH merasa bisa bersyukur atas berlangsungnya acara tersebut. “Kita bangga acara ini bisa berlangsung. Ini menunjukkan bahwa di jajaran pengawas se-Kota Medan ini ada kebersamaan,” katanya.(red)
Komentar Anda

Berita Terkini