PERKUAT PENGAMANAN MAKO !!! POLRES SIBOLGA ADAKAN SIMULASI ANTISIPASI SERANGAN TERORIS

/ Sabtu, 19 Mei 2018 / 18.01



TopInformasi.com
Sabtu 19 Mei 2018
 bertempat di Lapangan Apel Mapolres Sibolga, setelah pelaksanaan Apel pagi pukul 8:15 wib Personil Polres Sibolga melaksanakan giat Simulasi cara menerima tamu guna antisipasi Serangan dari Pok Teroris terhadap Mako dalam giat tersebut dipimpin oleh Kapolres Sibolga AKBP Edwin .H. Hariandja, S.I.K, MH dan turut didampingi oleh Wakapolres Sibolga Kompol Riza Fahlevi Lubis, SH, Para kabag, Kasat, Kapolsek, Kasie, Perwira dan Bintara.

Kegiatan simulasi keamanan  di mulai dengan  tatacara 1.menerima tamu ketika membawa sepeda Motor Ke Komando :

- Dalam menerima tamu terlebih dahulu tamu diperingatkan untuk berhenti didepan portal kemudian mematikan mesin sepeda Motor.
- selanjutnya diperintahkan untuk membuka Helm, memerintahkan barang bawaan untuk diletakkan dan mengeluarkan segala barang bawaan.
memerintahkan mengangkat baju dan celana.
- apabila tamu yg dianggap mencurigakan kemudian Tim Tindak dari Satuan Reserse melakukan pemeriksaan badan apakah tamu membawa senjata tajam.

- Setelah dilakukan pemeriksaan tidak ada ditemukan barang mencurigakan dan tamu diperbolehkan masuk dan diberikan Bet tanda tamu dan meninggalkan Kartu tanda pengenal.

Tatacara menerima tamu yg mengendarai Mobil
- Memberhentikan Mobil didepan portal dan memerintahkan untuk mematikan mesin mobil.
Memerintahkan tamu untuk membuka seluruh pintu mobil dan menyuruh seluruhnya untuk keluar dari mobil.

-Tamu diperintahkan mengeluarkan seluruh tas bawaan dan mengeluarkan isi tas bawaan.

-Apabila tamu dianggap mencurikan personil piket dan tim tindak melakukan pengecekan isi mobil.

Setelah dilakukan pemeriksaan dan tamu dianggap tidak ada membawa barang yg membahayakan tamu dipesilahkan membereskan kembali barang bawaannya.

Mempertanyakan keperluan tamu apa, dan apabila ingin berjumpa dgn personil maka yg bersangkutan ditelpon terlebih dahulu.
Dan mencatat indentitas tamu

 "Adapun tujuan dilakukannya pelaksanaan Pelatihan Simulasi tatacara penerimaan tamu yaitu dgn tujuan agar memberikan pemahaman kpd Personil yg melaksanakan piket terutama Personil piket penjagaan untuk menguasai SOP System pengamanan Mako apabila menerima kehadiran Tamu khususnya Tamu yg mencurigakan.

- diharapkan setelah dilaksanakannya simulasi pelatihan tatacara menerima tamu personil Piket dapat mengaplikasikannya secara langsung guna mengantisipasi adanya serangan dari kelompok teroris yg pada akhir -akhir ini melakukan serangan ke Mako Polri dibeberapa daerah di wilayah Indonesia.

Dalam giat tersebut kapolres sibolga memberikan arahan kepada seluruh personil jajaran polres agar selalu waspada dan tetap konsisten pada pengamanan setiap tamu yang datang ke mako polres sibolga guna mencapai keamanan yang kondisif ujar kapolres sibolga. (Red)
Komentar Anda

Berita Terkini