Ketua Tim Penggerak PKK Kota Pematangsiantar

/ Kamis, 12 April 2018 / 22.29
Ketua Tim Penggerak PKK Kota Pematangsiantar, Ny. Syahputri Hefriansyah membacakan sambutan Ketua Umum Tim Penggerak PKK Pusat pada Puncak Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Ke-46 Tingkat Kota Pematangsiantar Tahun 2018, bertempat di Aula Dharma Wanita Persatuan Jalan Porsea, Kamis, (12/4/2018).


"Keluarga dan lingkungan harus menjadi benteng utama dan pertama untuk menciptakan kondisi aman, nyaman, tenteram, dan damai," kata Syahputri.

Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Ke-46 Tingkat Kota Pematangsiantar Tahun 2018 dengan tema "Kerukunan dalam Keluarga dan Lingkungan untuk Wujudkan Indonesia Damai".

Makna dari Tema ini, bahwa Tim Penggerak PKK saling bahu-membahu dengan segenap komponen masyarakat untuk memberikan pemahaman dan kesadaran kepada seluruh keluarga bahwa kondisi aman, nyaman, damai di negara Indonesia dimulai dari keluarga.

"Saat ini berbagai informasi dapat dengan mudah masuk dalam keluarga. Informasi yang tidak benar yang masuk dalam keluarga akan dapat menimbulkan konflik komunal dan bahkan sosial.

Apabila sudah timbul konflik dampaknya adalah hilangnya rasa aman, nyaman, tenteram dan damai di lingkungan masyarakat. Untuk itu keluarga berperan penting sebagai benteng utama dan pertama bagi ketahanan keluarga," sebut Syahputri.

Ketahanan Keluarga yang diharapkan adalah setiap keluarga memiliki kemampuan dan kemauan secara kolektif dalam memilih mana yang baik dan mana yang buruk.


Sekda Budi Utari Siregar, AP membaca sambutan tertulis Walikota Pematangsiantar Hefriansyah,SE, MM,  mengungkapkan, bahwa PKK merupakan mitra pemerintah dalam melaksanakan pembangunan di Bidang Sosial, Pendidikan, Kesehatan, Perekonomian.

Untuk itu peran PKK sangat diperlukan dalam menyukseskan pembangunan daerah.

Maka dari itu peringatan ini hendaknya bukan seremonial semata namun lebih kepada upaya meningkatkan sinergitas dan koordinasi antar pengurus dan kader PKK serta hubungan PKK dengan masyarakat dan pemangku kepentingan dalam mendukung terwujudnya masyarakat yang sejahtera.

Diharapkan, peran PKK akan lebih profesional dan proporsional. Itu berarti PKK melakukan tugas dan fungsinya secara normatif, kreatif, tepat waktu dan bertanggung jawab serta melakukan kegiatan-kegiatan yang memang secara teknis sebagai tugas pokoknya sebagai mitra kerja Pemerintah Daerah. 

Untuk itu sinergitas PKK dengan instansi terkait baik tingkat provinsi maupun kota menjadi sangat penting.

Menurut Sekda, bahwa Tim Penggerak PKK khususnya PKK Kota Pematangsiantar telah mampu menjabarkan sinergitas ke dalam program kerja yang terarah, berorientasi kedepan dan bermanfaat bagi masyarakat. 

"Tim Penggerak PKK telah banyak berbuat nyata dalam mendukung program peningkatan kesejahteraan masyarakat, terutama berpartisipasi dalam pengentasan kemiskinan melalui penanganan masalah pendidikan, kesehatan, dan peningkatan keterampilan kerja masyarakat," ungkap Budi Utari, AP.
Komentar Anda

Berita Terkini