Petani Sawit Minta Perhatian Pemerintah

/ Selasa, 13 Maret 2018 / 21.42
Palas.
Tercatat selama dua pekan terakhir harga jual tandan buah segar (TBS) sawit petani di daerah Kabupaten Padang Lawas (Palas) terus merosot. Padahal, saat ini kondisi panen buah sawit sudah memasuki musim trek, atau penurunan hasil panen. 

"Biasanya, kalau panen sawit lagi turun atau trek, harga jual buah sawit akan naik. Apalagi saat ini harga dolar sedang tinggi. Tapi, kenapa harga sawit di sini kok turun terus, ya," ungkap Zulkarnaen, satu petani sawit di Kecamatan Sosa, kepada wartawan, Selasa (13/3/2018).

Saat ini, Kata Zulkarnaen, dari selyas 5 hektare kebun sawit mobilnya, hasil panennya sebanyak 3,8 ton. Padahal, pada putaran musim panen sebelumnya, hasilnya mencapai 4,3 ton. 

"Memang hasil panennya turun sedikit dari kondisi normalnya. Mungkin karena dibantu curah hukan, sehingga trek buah sawitnya tidak begitu banyak," lanjutnya. 

Sedangkan untuk harga jual di lapangan, tambahnya, saat ini harganya berkisar Rp 1.460-Rp 1.480/Kg. Sebelumnya, harga jualnya di tingkat petani berkisar Rp 1.520-Rp 1.540/Kg, harga di tingkat petani.

Sementara, Riswan Nasution, satu petani sawit di Kecamatan Hutaraja Tinggi (Huragi) mengatakan, kondisi hasil panen sawit dari seluas 2 hektare kebun sawitnya, juga mengalami penurunan hasil panen sebanyak 10% dari Biasanya. 

"Biasanya, dari seluas dua hektare kebun sawit ku, hasil panennya sebanyak 2 ton. Tapi, pada putaran minggu ini hasil panennya turun sedikit jadi sebanyak 1,8 ton," sambungnya.

Untuk harga jual di toke, Kata Riswan, saat ini harganya sebesar Rp 1.480-Rp 1.500/Kg. Sebelumnya, harga jual buah sawit jenis buah besar di tempatnya berkisar Rp 1.580-Rp 1.600/Kg.

Menyikapi kondisi harga jual buah sawit yang kurang menguntungkan saat ini, petani di daerah Palas meminta perhatian dan peran aktif dari pemerintah. Setidaknya, pemerintah bisa memperbanyak jumlah pasokan pupuk bersubsidi kepada petani sawit, di saat hasil panen turun dan harga jualnya belum membaik.

Keterangan gambar :
Terlihat dua orang petani sedang mengumpulkan hasil panen buah sawit.
Komentar Anda

Berita Terkini