Pengenalan Aturan Lalin Bagi Anak Usia Dini

/ Senin, 12 Maret 2018 / 16.50
Kegiatan bimbingan yang diikuti oleh 250 siswa/i Sekolah Dasar (SD) yang ada di Paluta ini dengan tema 'Melalui pengenalan aturan berlalu lintas bagi anak usia dini, kita optimalkan generasi penerus sebagai pelopor keselamatan berlalu lintas' dirangkai dengan praktek berkendara di taman lalu lintas yang dipandu oleh Kapolsek Padang Bolak AKP Maju Harahap SH beserta personil unit lantas Polsek Padang Bolak dan personil Dishub Paluta.
Kadishub Kabupaten Paluta Ridwan Efendi Daulay SSTP mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengurangi resiko kecelakaan akibat perilaku tidak disiplin pengguna jalan, dan menanamkan kesadaran generasi muda sejak usia dini untuk berprilaku tertib berlalu lintas dan tanggung jawab untuk meningkatkan keselamatan ketika suatu saat sudah bisa dan diperbolehkan untuk berkendara. 
Lanjutnya, kegiatan ini juga diharapkan dapat memberikan pemahaman yang maksimal kepada anak-anak usia dini, jika dimasa depan berkenderaan bermotor agar tertib mematuhi rambu lalin dan marka jalan serta bisa menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas.
“Kita berharap dengan memberikan materi disiplin berlalu lintas bagi anak usia dini, akan tertanam secara mendalam sehingga menjadi karakter utama dan menjadi pelopor dalam berdisiplin berlalu lintas.” jelasnya.
Dikatakannya, kegiatan bimbingan ini dijadwalkan berlangsung selama tiga hari untuk target sasaran sebanyak 500 siswa/i dari SD diwilayah kabupaten Paluta dari tingkatan kelas II hingga kelas V di setiap sekolahnya.
Selain diberikan bimbingan pengenalan rambu lalin dan marka jalan, para siswa/i SD tersebut juga diberikan bimbingan praktek berkendara menggunakan sepeda di taman lalin yang dibuat sehingga nantinya para siswa dapat lebih memahami dan diharapkan bisa menjadi pelopor utama dalam tertib berlalu lintas di jalan raya.
"Bimbingan ini diberikan sejak udia dini sehingga mereka mengenal rambu dan marka jalan dengan harapan mereka memahami dan mentaati aturan lalin saat sudah dewasa nanti," tukasnya.
Sementara, Kapolsek Padang Bolak AKP Maju Harahap SH mengatakan pendidikan lalu lintas sejak usia dini harus diberikan agar saat dewasa nanti para anak-anak tersebut akan mengerti cara berlalu lintas yang baik.
Menurutnya, semakin pesatnya perkembangan teknologi, banyak memberi pengaruh dalam aspek kehidupan terutama anak-anak dan jika tidak diberikan pemahaman yang baik sejak usia dini, saat mereka dewasa nantinya akan banyak melakukan pelanggaran lalu lintas.
"Ini suatu kegiatan positif yang edukatif untuk adik-adik pelajar terkait tertib berlalu lintas yang harapannya nanti adik-adik ini bisa mengetahui dan mematuhi aturan berlalu lintas yang baik," katanya.
Sementara, salah seorang guru yang turut mendampingi R Boru Siregar mengapresiasi kegiatan dari Dishub Paluta dan pihak kepolisian ini yang telah memberikan bimbingan kepada siswa/i dalam hal tertib berlalu lintas.
Diharapkannya, kegiatan ini nantinya akan menambah wawasan dan pengetahuan para siswa/i tentang segala hal yang berkaitan dengan lalu lintas sehingga nantinya akan menjadi generasi yang patuh dan tertib dalam berlalu lintas di jalan raya. (plt-1)

Foto: Polisi Lalu Lintas berikan bimbingan secara langsung kepada siswa/i SD pada kegiatan pengenalan rambu lalin dan marka jalan oleh Dishub Paluta di gedung serbaguna Pemkab Paluta, Paranginan, Gunung Tua, Kecamatan Padang Bolak
Komentar Anda

Berita Terkini