Kegiatan Sosialisasi dan workshop aplikasi E-Perencanaan bagi anggota DPRD Kabupaten Nias Barat

/ Kamis, 01 Maret 2018 / 22.13
Bappeda Kabupaten Nias Barat dan sebagai narasumber adalah Tim KORSUPGAH KPK Wilayah Sumatera Utara bertempat Ruang Avo Bappeda yang bertujuan membangun pemahaman dan komitmen bersama antara Pemerintah Daerah dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Nias Barat terhadap pencegahan tindak pidana korupsi, Tim Koordinasi Supervisi dan Pencegahan (Korsupgah) Komisi Pemberantasan Korupsi Wilayah Sumatera Utara melaksanakan Sosialisasi dan Pengenalan Aplikasi e-perencanaan bagi Anggota DPRD Kabupaten Nias Barat.

Dalam Laporan Ketua Panitia Rosedi Daeli, SE.,MM menjelaskan bahwa pelaksanaan kegiatan Sosialisasi Sosialisasi dan Workshop Aplikasi E-Perencanaan bagi anggota DPRD Kabupaten Nias Barat ini didasarkan pada Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 640/3761/SJ tanggal 10 Oktober 2016 tentang Penerapan Aplikasi          E-Planning Dalam Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota; MEnurutnya bahwa Tujuan Sosialisasi dan Workshop Aplikasi E-Perencanaan ini  adalah menyampaikan alur penyampaian pokok-pokok pikiran DPRD Kabupaten Nias Barat dalam E-Pokir, papar Rosedi.

Ketua DPRD, Ir. Nitema Gulo, M. Si dalam sambutannya menyampaikan pihaknya menyambut baik kegiatan Sosialisasi aplikasi e-perencanaan dimaksud terutama yang berkaitan dengan alur panyampaian pokok-pokok pikiran anggota DPRD, sehingga diharapkan ke depan proses perencanaan pembangunan di daerah dapat mengakomodir semua usulan dari berbagai elemen masyarakat sesuai dengan tahapan dan aturan yang berlaku.

Dalam arahan dan bimbingan Bupati Nias Barat Faduhusi Daely, S.Pd menyampaikan bahwa pengembangan aplikasi e-perencanaan Kabupaten Nias Barat yang dikembangkan oleh Bappeda Kabupaten Nias Barat merupakan wujud komitmen pemerintah daerah dalam pencegahan tindak pidana korupsi. Melalui aplikasi ini diharapkan penyusunan dokumen perencanaan menjadi lebih konsisten, transparan, efektif dan efisien dan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam perencanaan pembangunan, ujar Bupati.

Lebih lanjut diatakan Bupati bahwa perencanaan pembangunan yang efektif sangat berdampak pada efisiensi sumber daya pembangunan yang ada. Perencanaan pembangunan yang disusun secara sistematis, terarah, terpadu, menyeluruh dan tanggap terhadap perubahan akan mempengaruhi efektivitas pembangunan daerah. Mengingat pentingya perencanaan pembangunan daerah maka peningkatan kualitas dokumen perencanaan pembangunan sangat diharapkan. selain itu, dalam proses penyusunan perencanaan pembangunan daerah harus dilakukan secara transparan, akuntabel dan terukur  sehingga hasilnya dapat menyentuh langsung kebutuhan masyarakat, ujar Bupati.

Masih Bupati; akhir-akhir ini, banyak permasalahan terkait perencanaan dan penganggaran yang melibatkan beberapa kepala daerah dan anggota DPRD di Indonesia. untuk meminimalisir hal itu, pemerintah mencanangkan penerapan e-planning  di seluruh Indonesia, sehingga diharapkan melalui sistem          e-planning bisa menghindari terjadinya penyalahgunaan wewenang, pemborosan anggaran dan tindak pidana korupsi, selain itu penerapan e-planning berguna dalam memastikan pelaksanaan, perencanaan  pembangunan daerah dilaksanakan tepat waktu, memastikan konsistensi antara perencanaan dan penganggaran serta mendukung tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih, tuturnya Bupati.

Sebagaimana diketahui bahwa sebelum Sosialisasi ini telah dilaksanakan Pelatihan bagi operator Desa, Kecamatan dan Perangkat Daerah dan pada pelaksanaan Perumusan hasil Musrenbang di setiap Kecamatan dilakukan menggunakan aplikasi e-perencanaan Kabupaten Nias Barat.

Muhammad Safri Lubis dari Tim KORSUPGAH KPK Wilayah Sumatera Utara dalam paparannya menyampaikan bahwa tujuan pengembangan aplikasi e-perencanaan dimaksudkan untuk membantu daerah dan para stakeholders dalam penyampaian usulan pembangunan secara efektif, efisien, transparan dan akuntabel sehingga dapat terwujud dokumen perencanaan pembangunan yang mengakomodasi usulan dari berbagai pihak, ujarnya.
Komentar Anda

Berita Terkini