TINGKATKAN PENDIDIKAN PANCASILA,BELA NEGARA DAN PEMBINAAN KARAKTER SISWA PELAJAR

/ Selasa, 27 Februari 2018 / 22.26

Tingkatkan pendidikan pancasila, bela negara dan pembinaan karakter tingkat SMP Sewilayah Medan yang disampaikan Direktur Pembinaan SMP Dirjen Dikdasmen Kemendikbud RI Dr. Supriano, M.Ed yang didampingi Staf Ahli Pangdam I/BB Bidang Ilpengtek dan LH Kolonel Inf Chandra Wirawan diikuti kurang lebih 1.000 orang pelajar SMP terdiri dari 25 SMP, pada upacara pembukaan pendidikan pancasila dan bela negara tingkat SMP Tahun 2018, pada Selasa 27 Februari 2018 di Lapangan Upacara Makoyonkav 6/NK Jalan Asam Kumbang Medan.

Pada pembukaan acara tersebut, dalam sambutanya Direktur Pembinaan SMP Dirjen Dikdasmen Kemendikbud RI menyampaikan dengan adanya pendidikan pancasila dan bela negara ini secara langsung membekali pendidikan karakter anak sekolah SMP di Wilayah Medan. Ada tiga tantangan kedepan yang harus dicegah dengan baik yaitu : mencegah masuknya paham radikal pada anak-anak usia 13 sd 15 tahun atau Siswa SMP pada umumnya, yang ingin merusak pola pikir anak anak tersebut, munculnya dari Media Sosial pornografi yang juga akan merusak mental dan pola pikir para Siswa, mencegah pengaruh narkoba pada usia 13 sd 15 tahun atau Siswa SMP pada umumnya. Diharapkan kepada para guru atau pembimbing Siswa SMP, apabila ada hal-hal yang mencurigakan kepada Siswa tersebut agar segera dicegah dan dilaporkan kepada pimpinan di sekolah masing masing, untuk menjaga hal hal yang dapat merusak jiwa dan mental anak didik tersebut. Oleh sebab itu, kita bersama-sama TNI melaksanakan pencegahan yang akan merusak mental dan jiwa anak didik tersebut, dengan diadakannya pendidikan pancasila dan bela negara serta pendidikan karakter ini bagi Siswa/i SMP sewilayah Medan, sehingga kedepannya menjadi generasi muda yang berguna bagi bangsa dan negara.

Pada kesempatan yang sama, dalam amanat Pangdam I/BB Mayjen TNI Cucu Somantri yang dibacakan Staf Ahli Pangdam I/BB Bidang Ilpengtek dan LH menyampaikan ucapan selamat datang di Makoyonkav 6/NK yang telah hadir dalam acara pembukaan pendidikan pancasila dan bela negara tingkat SMP Tahun 2018 ini merupakan salah satu upaya untuk membangun karakter kebangsaan semenjak usia dini. Bahwa tataran dasar bela negara merupakan tingkatan mendasar yang melandasi cara setiap warga negara dalam bertindak guna melindungi negara dari segala bentuk ancaman guna menjaga keutuhan dan kelangsungan hidup NKRI. Hal tersebut merupakan nilai-nilai dasar bela negara yang mencakup nilai-nilai kecintaan kepada tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, keyakinan pada pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara serta memiliki kemampuan bela negara baik secara psikis maupun fisik. Pancasila sebagai alat membangun karakter bangsa, memerlukan semangat kebangsaan dan kesadaran setiap warga negara, agar nilai-nilai pancasila dapat terus menerus tertanam dengan baik sekaligus dapat menumbuhkan kesadaran warga negara akan hak dan kewajibannya serta memiliki kecerdasan menghadapi pengaruh globalisasi. Untuk itu diharapkan kepada peserta agar memanfaatkan momen ini untuk meningkatkan wawasan kebangsaan dan menumbuhkan kesadaran bela negara. Ikuti rangkaian kegiatan dengan  penuh rasa tanggungjawab serta patuhi setiap petunjuk dan arahan para pembimbing serta pupuk jiwa korsa selama pendidikan.
           
Hadir dalam rapat tersebut para Kabalakdam I/BB, Paban II Puanter Sterad, Pabandya II Waslat Sterad, Dandim 020/BS dan para Dansat BS sewilayah Medan

Demikian Press Release Pendam I/BB.




Keterangan Gambar : Staf Ahli Pangdam I/BB Bidang Ilpengtek dan LH Kolonel Inf Chandra Wirawan membacakan amanat Pangdam I/BB Mayjen TNI Cucu Somantri pada upacara pembukaan pendidikan pancasila dan bela negara tingkat SMP Tahun 2018, di Lapangan Upacara Makoyonkav 6/NK Jalan Asam Kumbang Medan, Selasa (27/2).




Keterangan Gambar : Direktur Pembinaan SMP Dirjen Dikdasmen Kemendikbud RI Dr. Supriano, M.Ed saat penyematan tanda peserta pendidikan pada upacara pembukaan pendidikan pancasila dan bela negara tingkat SMP Tahun 2018, di Lapangan Upacara Makoyonkav 6/NK Jalan Asam Kumbang Medan, Selasa (27/2).





Keterangan Gambar : Staf Ahli Pangdam I/BB Bidang Ilpengtek dan LH Kolonel Inf Chandra Wirawan didampingi Paban II Puanter Sterad Kolonel Inf Yunianto, Direktur Pembinaan SMP Dirjen Dikdasmen Kemendikbud RI Dr. Supriano, M.Ed photo bersama dengan Siswa/I SMP Sewilayah Medan usai upacara pembukaan pendidikan pancasila dan bela negara tingkat SMP Tahun 2018, di Lapangan Upacara Makoyonkav 6/NK Jalan Asam Kumbang Medan, Selasa (27/2).

Komentar Anda

Berita Terkini