Pemkab Langkat Lakukan Panen Raya dan Tanam Serentak

/ Kamis, 08 Februari 2018 / 08.02
LANGKAT-

Pemkab Langkat Melalui Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan, Selain tanggap dengan program Pemerintah Pusat yang menjadikan  pertanian  sebagai Program Strategi Nasional, juga karna menyadari bahwa pangan merupakan kebutuhan dasar manusia yang paling utama yang menjadi pondasi bagi pembangunan disektor lainya.
Sehingga Pemerintah Kab.Langkat benar-benar berupayah memenuhi kebutuhan pangan, dengan menjadikan pertanian sebagai  program utama.  Hal tersebut terbukti dengan diselenggaraknya  panen raya padi dan tanam serentak kacang kedelai, di Desa Lubuk Kertang Kec.Brandan Barat, Kab.Langkat,selasa (6/2).

Dalam acara tersebut Bupati Langkat melalui Sekda Kab.Langkat Dr.H. Indra Salaudin, M.Ks, MM, menyampaiakan bahwa hanya dengan  luas areal sawah  37.054 Ha yang ada di Kab.Langkat,  Pemkab Langkat telah mampu mendapatkan 6 tahun berturut-turut swasembeda pangan, khususnya beras. Selain itu  Kabupaten Langkat juga merupakan kabupaten kedua yang terpilih sebagai contoh sentra pelayanan pertanian padi terpadu.

“ Sehingga wajar saja kalau Kab.Langkat dinobatkan sebagai salah satu Kabupaten berpenghasilan beras terbesar di Sumut,” sebutnya.

Karna itu, Lanjut Sekda, diperlukan upaya untuk terus menjaga hasil  panennya, dan kiat usaha untuk meningkatkan kwalitas panennya. Salah satu usaha tersebut seperti yang sedang diselenggarakan saat ini , melakukan program panen raya dengan luas areal 700 Ha untuk padi dengan potensi produksi 6,5 Ton dan 110 Ha luas areal untuk melakukan tanam serentak  kacang kedelai pertama kalinya.

“Hal tersebut selain berfungsi untuk menjaga hasil panen juga diharapkan bisa meningkatkan pendapatan petani. Jadi untuk penanaman kacang kedelainya yang baru perdana ini, diperlukan upaya yang sungguh-sungguh dari semua pihak agar tanaman kedelai perdana ini dapat berhasil, agar program ini benar-benar dapat maningkatkan produksi pendapatan petani, sehinnga dapat menjadi motivasi bagi petani lainya,” harapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua DPRD Kab.Langkat H.Terbit Rencana PA, SE, juga menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya kepada para petani kec.Brandan Barat khususnya dan kepada para petani se-Kab.Langkat umumnya. Karena selama in telah  berkontribusi nyata, untuk  peningkatan produksi tanaman padi di Langkat.

 “Berkat kerja keras pera petani itu, PemKab.Langkat mampu menjadikan sektor pertanian sebagai salah satu program unggulan di Kab.Langkat. Hal itu terbukti dengan Kab. Langkat mengalami surplus beras 143,88 % dari total produksi beras 332,985 ton dan swasembada 243,88%, di tahun 2017,”paparnya mengakhiri.

Beralih, Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan  Nasiruddin, SP, dalam kesempatan yang sama juga menyampaikan beberapa upaya Pemkab Langkat yang telah dilakukan dalam meningkatkan ketahan pangan di Kab.Langkat, diantaranya memberikan bantuan benih ungul padi, jagung dan kedelai, pemberian bantuan alat dan mesin pertanian , bantuan permodalan  pendamping pokok dan lain sebagainya.

“Selain itu juga bantuan yang diberikan kepada petani berupa Pelayanan penyaluran pupuk bersubsidi,   pembangunan rehabilitasi sasaran irigasi dan pelayanan program bantuan premi asuransi usaha tani padi,” paparnya menjelaskan.

Turut hadir dalam acara tersebut Staf Ahli Bupati KHAIRUDIN SE,  Kadis Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Prov.Sumut M.azhar, SP Hrp, Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Sumut Dr.Khadijah El Ramija Lubis, MP, Kadis Kominfo SYAHMADI, S.Sos, M.SP, Kadis PU , Kadis Kelautan dan Perikanan SUBIYANTO, SE, Dandim 0203 Langkat Letkol. Arh Dedy Rahmanto,Kapolres Langkat AKBP.Dede Rojudin SIK, Kadis Pertanian Nasiruddin, SP, Sejumlah SKPD, Para kelompok Tani dan sejumlah undangan lainya.

Teks Photo: Dr.H. Indra Salaudin, M.Ks, MM, bersama Porkopinda saat Melakukan Panen Raya dan Tanam Serentak, di Desa Lubuk Kertang Kec.Brandan Barat, Kab.Langkat,selasa (6/2).
Komentar Anda

Berita Terkini