Panen Raya Diharapkan Sumatera Utara Bisa Surplus Padi

/ Rabu, 07 Februari 2018 / 16.57
LANGKAT-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Langkat, menyelenggarakan panen raya. Kali ini pelaksanaan dilakukan di Dusun IV Pante Kodok, Desa Lubuk Kertang, Kecamatan Berandan Barat, Kabupaten Langkat, Selasa (6/2/2018).


Hadir dalam acara tersebut  sebagai Ka LitBang pertanian tk -I provinsi Sumatera Utara, Dandim 0203/LKT Letnan Kolonel Inf Deni Eka Gustiana, Bupati Langkat yang diwakili oleh Sekda Kab Langkat, Ketua DPRD Kab.Langkat Terbit Rencana Perangin Angin, Kapolres Langkat AKBP Dede Rodjudin, Pabung Kodim 0203/Langkat Mayor Inf B.Sagala dan Dansub Polisi Militer 1/5 - 3 Pangkalan Brandan Lettu Cpm Sutanto Juliardi Serta Dan Unit Intel 0203/LKT Lettu Arm Defrinal, juga Kepala Dinas Pertanian dan ketahanan Pangan Kab.Langkat, juga seluruh kelompok Tani (16 kelompok) Desa Lubuk Kertang Kecamatan Berandan Barat.


Pelaksanaan pembukaan panen padi sawah oleh Bupati Langkat yang diwakili Kepala Sekertaris Daerah Kabupaten Langkat, dengan mengendarai kendaraan mesin pemanen padi yang didampingi oleh Dandim 0203/Langkat dan Kapolres Langkat beserta Rombongan.


Lalu tarian adat melayu sebagai bentuk penghormatan kepada tamu dan rombongan yang dibawakan oleh sanggar tari MTSS Berandan Barat. Serta pembacaan Do'a oleh ketua MUI Kec Berandan Barat Bpk Abdurahim Spdi.


Dalam sambutanya, Ketua DPRD Kabupaten Langkat Terbit Rencana PA S.E mengatakan, atas nama DPRD Langkat Beliau menyambut gembira atas hasil panen raya yang diraih pada tahun ini kepada para petani Kecamatan Berandan Barat.


Ketua DPRD Kab Langkat juga mengapresiasi atas usaha para petani karena dapat meningkatkan sewasembada pangan khususnya padi sawah, hal ini berarti pemerintah Kabupaten Langkat telah mendukung para petani. "Bahwa sebentar lagi akan memasuki proses tahapan pilkada untuk itu Ketua DPRD Kabupaten Langkat menghimbau agar masyarakat menjaga kondusifitas lingkungan," kata dia.


Selain itu, Ketua DPRD  Kab.Langkat Juga menyinggung tentang kondisi jalan Desa Lubuk Kertang, yang belum di Aspal dan beliau juga menyampaikan mohon do'a dan dukungan masyarakat Desa Lubuk Kertang untuk meneruskan pembangunan Kabupaten Langkat dengan maju sebagai Calon Bupati Langkat.



Sementara Kepala Dinas Pertanian Provinsi Sumut menyampaikan, ucapan terimakasih kepada para pihak yg terlibat dalam pengawasan pertanian sehingga produksi padi tahun ini terus meningkat dengan kondisi kabupaten Langkat sebagai penyumbang hasil pertama padi terbesar sesumatera Utara dengan Hasil 10.8%.

"Oleh karna itu Dinas pertanian Provinsi Sumut akan memperioritaskan pemberian bantuan kebutuhan Sektor pertanian ke Kabupaten Langkat," kata dia, sembari mengharapkan dengan program ini Sumatera Utara (Sumut) bisa Surplus Padi.


Dirinya mengakui, kalau pihaknya akan melakukan pembangunan gudang penangkaran kedelai di Kabupaten Langkat, sebanyak 2 unit. Hal ini karena Kabupaten Langkat berhasil mengembangkan pertanian Kedelai.

"Terimakasih kepada bapak Babinsa dan Seluruh kelompok Tani yang telah menjalankan program swasembada pangan," ucap dia.


Bupati Langkat H Ngogesa Sitepu SH melalui Sekda Langkat dr Indra Salahuddin menyampaikan, salam hormat kepada masyarakat Desa Lubuk kertang karna sudah berhasil melakukan swasembada Padi sawah dan Kedelai serta memohon maaf karna beliau tidak dapat hadir. "Beliau menyampaikan bahwa ketahanan pangan adalah penunjang keberhaailan pembangunan," kata Sekda.


Dituturkanya, luas lahan persawahan di desa Lubuk Kertang seluas 830 Ha dan Luas lahan pertanian kedelai 120 Ha untuk itu maayarakat Desa lubuk Kertang harus bersungguh sungguh dalam mengelola lahan pertanian. "Dihujung masa jabatan, saya menyampaikan akan menampung aspirasi masyarakat akan kekurangan beliau semasa menjabat dan akan meneruskannya kepada pejabat Bupati Langkat selanjutnya," tegas Ngogesa disampaikan Sekda. 
Komentar Anda

Berita Terkini