NU Asahan Gelar Donor Darah

/ Senin, 12 Februari 2018 / 15.08
Kisaran 

Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Asahan melaksanakan aksi donor darah, Minggu (11/2/2018) sekira pukul 09.00 wib yang diselenggarakan di Kantor NU Asahan Kota Kisaran. Sebanyak 20 peserta donor ikut ambil bagian pada kegiatan tersebut.Selain untuk mengumpulkan stok darah, acara ini juga dimaksudkan untuk menumbuhkan rasa solidaritas sosial di kalangan Nahdhiyin.
Supian Ketua NU menjelaskan dari peserta yang mendaftar rata-rata banyak yang lolos sementara sebagian kecil yang tidak lolos karena tekanan darah dan hemoglobinnya tidak memenuhi syarat.

Sebanyak 20 peserta donor untuk tahun ini, ikut dalam kegiatan. Semoga dari donor darah ini bisa membantu," harap Supian.
Wakil Sekretaris NU, Ustadz H. Raja Dedi menambahkan, pihak PMI cabang Asahan juga turut membantu dalam hal pengadaan alat dan teknis operasional donor darah.
Jangka waktu ini disesuaikan dengan prosedur kegitan donor darah sendiri yang membutuhkan darah dari pendonor yang belum banyak melakukan aktivitas. Selain itu, para calon pendonor juga diharuskan memenuhi beberapa persyaratan medis ketika akan mendonorkan darahnya. Meliputi tensi darah dan berat badan yang ideal, kecukupan waktu tidur, tidak dalam keadaan haid, tidak berpenyakit, dan tidak mengonsumsi obat minimal sejak sehari sebelumnya.
"Ketika kita mendonorkan darah, kita tidak pernah tahu siapa yang akan menggunakannya. Disitulah letak solidaritas sosial, dimana kita peduli dan berkontribusi untuk seseorang tanpa mengenalnya terlebih dulu,"kata Raja Dedi.

Ket Photo : NU Asahan Gelar Donor Darah
Komentar Anda

Berita Terkini