Limbah Rumah Tangga Memenuhi Aliran Air pada Sepanjang Saluran Irigasi

/ Rabu, 14 Februari 2018 / 20.59
Binjai - Limbah rumah tangga memenuhi aliran air pada sepanjang saluran irigasi di Jalan Olahraga, hingga Jalan Pimpong, Kelurahan Timbang Langkat, Kecamatan Binjai Timur, Kota Binjai.

Pantauan wartawan, Selasa (13/2/2018) sore, keberadaan limbah rumah tangga nyaris memenuhi aliran air sepanjang tepi kawasan pemukiman, dimulai dari Stadion Kota Binjai hingga Kampus STAI Al Ishlahiyah Binjai.

Sebagian besar limbah merupakan akimulasi sampah non-organik yang sengaja dibuang warga tidak bertanggungjawab, ataupun sampah yang ikut hanyut saat debit air meningkat.

Kondisi tersebut membuat pemandangan di sekitarnya terkesan kotor dan kumuh. Apalagi warga kerap memanfaatkan saluran irigasi yang bermuara ke Sungai Mencirim itu sebagai lokasi mencuci.

"Kalau upaya pembersihan, sebenarnya hal itu sudah sering dilakukan, baik oleh warga sendiri, maupun petugas dari dinas terkait," terang Idrus (42), salah seorang warga setempat.

Hanya saja dia mengakui, upaya tersebut tetap saja tidak mampu membendung perilaku buruk warga, yang kerap membuang sampah sembarangan. Ironisnya, volume limbah rumah tangga yang memenuhi saluran irigasi justru kian meningkat.

"Cocoknya, lurah maupun camat buat aturan dan sanksi bagi yang ketahuan buang sampah sembarangan, supaya mereka jera. Semisal denda atau sanksi sosial tertentu," tukas Idrus.


Foto: Saluran Irigasi di Timbang Langkat yang Dipenuhi Limbah Rumah Tangga
Komentar Anda

Berita Terkini