Launching Bansos Rastra Kabupaten Pakpak Bharat Tahun 2018

/ Kamis, 15 Februari 2018 / 17.56
Bertempat di Bale Sada Arih Kantor Bupati Pakpak Bharat pada Selasa (13/02)  dilaksanakan Launching dan Penyerahan Bansos Rastra(Bantuan Sosial Beras Sejahtera) Kabupaten Pakpak Bharat yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Pakpak Bharat, Sahat Banurea, S.Sos, M.Si.
Bupati Pakpak Bharat, Dr. Remigo Yolando Berutu, M.Fin, MBA, dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekda, mengharapkan agar masyarakat meningkatkan perekonomian di desa masing-masing karena sifat bantuan ini tidaklah permanen dan bisa saja ditahun-tahun mendatang bantuan seperti ini dihapuskan sesuai dengan peraturan yang berlaku secara nasional ataupun karena keterbatasan anggaran. Beliau juga berharap kerjasama yang sinergis antara Kecamatan dan Pemerintahan Desa demi mensukseskan program nasional Bansos Ranstra ini.
Bilamana pada tahun-tahun sebelumnya Bansos Rastra bersifat subsidi, sejak Januari 2018 Subsidi Rastra diubah menjadi Bantuan Sosial Pangan Rastra yang disalurkan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sebanyak 10 kg/bulan tanpa biaya tebus atau gratis dimana untuk tahun 2018”, sebutnyasekaligus mengutarakan bahwa jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Rastra Kabupaten Pakpak Bharat sebanyak 3.010 KK.
Bulog yang dalam hal ini Kansilog Kabanjahe akan mengirimkan beras tersebut sampai ke Kantor Camat sebagai titik distribusi, dan dari Kantor Camat akan didistribusikan oleh Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat, sehingga untuk kelancaran penyaluran Rastra maka dibutuhkan dukungan pendanaan Pemerintah Daerah untuk melakukan sosialisasi, Penyediaan Tenaga Pendamping dan biaya transport dari titik distribusi (Kantor Camat)  sampai ke titik bagi (Desa) masing-masing KPM.
Acara launching diisi dengan pemberian secara simbolis bantuan kepada KPM dan Perangkat Desa, dan ditutup dengan sesi tanya jawab seputar Bansos Rastra tersebut yang dipandu oleh Sekretaris Daerah. Turut hadir pada acara ini, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Pakpak Bharat, Kakansilog Kabanjahe yang diwakili oleh Kepala Gudang Kansilog Kabanjahe, Para Camat, Para Kepala Desa se Kabupaten Pakpak Bharat dan tim KPH dari Dinas Sosila Kabupaten Pakpak Bharat.“Diharapkan bantuan ini tepat sasaran dan dipergunakan dengan sebaik-baiknya” pungkas beliau. (Sumber  berita: Bagian Humas Setda Kab. Pakpak Bharat)
Komentar Anda

Berita Terkini