Koramil 05 PB Panen Bersama Dan Serahkan Sergab Milik Masyarakat

/ Sabtu, 10 Februari 2018 / 16.46
Dalam rangka peningkatan ketahanan pangan di wilayah kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), Koramil 05 Padang Bolak mengadakan panen padi bersama masyarakat di desa Hajoran, kecamatan Padang Bolak, Jumat (9/2/2018).

Dalam kegiatan panen padi bersama dilahan milik masyarakat dipimpin okeh Danramil 05 Padang Bolak Kapten (CZI) Pahlawan Nasution, turut hadir Kodim 0212 TS yang diwakili Pabung Mayor Hasran Harahap, Kapolsek Padang Bolak AKP Maju Harahap SH, Babhinkamtibmas, PPL, Sekdes beserta masyarakat petani.

Danramil 05 Padang Bolak Kapten (CZI) Pahlawan Nasution menyampaikan selain untuk membantu masyarakat petani, panen bersama ini juga merupakan langkah dan upaya dalam meningkatkan ketahanan pangan khususnya di wilayah kabupaten Paluta.

"Ini adalah wujud kemanunggalan TNI dengan masyarakat petani sehingga ketahanan pangan dapat terjaga dengan baik khususnya di Paluta," ujarnya.

Selain itu, panen bersama ini juga sebagai bentuk upaya dan dukungan terhadap program pemerintah dalam mewujudkan program swasembada pangan. Karena itu, dirinya mengajak seluruh masyarakat petani untuk mengikuti program dan arahan dari penyuluh pertanian untuk peningkatan produksi hasil pertanian. 

"Jika ada masalah dalam pengolahan lahan pertanian, konsultasi dengan kita dan penyuluh pertanian supaya dapat diatasi sehingga kesejahteraan madyarakat dan program swasembada pangan bisa terwujud," Kata Danramil 05 PB yang dikenal masyarakat dengan sosoknya yang tegas ini.

Pada kesempatan ini, luas lahan persawahan milik masyarakat yang dipanen bersama diperkirakan mencapai 3 Ha  dengan hasil yang cukup memuaskan.

Masih menurut Pahlawan,  usai pelaksanaan panen bersama, masyarakat petani didampingi pihaknya dan pihak terkait lainnya secara langsung menyerahkan hasil serapan gabah (Sergab) dari lahan milik masyarakat sebanyak 500 kilogram kepada pihak Bulog Padang Sidimpuan yang datang ke lokasi panen.

"Usai panen bersama, kita juga mendampingi petani yang menyerahkan secara langsung Sergab kepada pihak Bulog Padang Sidimpuan sebanyak 500 kilogram dengan harga sekitar Rp4030 perkilo," jelasnya.

Dirinya berharap, seluruh pihak termasuk masyarakat petani, TNI dan pihak Pemkab Paluta serta pihak terkait lainnya dapat berdampingan dan bekerjasama dalam meningkatkan ketahanan pangan dan mensukseskan program swasembada pangan sebagai upaya khusus bidang pertanian.(GNP)



Foto : Koramil 05 Padang Bolak beserta pihak terkait lainnya mengadakan panen padi bersama masyarakat di lahan pertanian masyarakat desa Hajoran, kecamatan Padang Bolak, Jumat (9/2).
Komentar Anda

Berita Terkini