Berdayakan Dasa Wisma Untuk Data Penderita Penyakit

/ Rabu, 07 Februari 2018 / 15.38
Binjai - Ketua TP PKK Kota Binjai, Hj Lisa Andriani Idaham meminta kepada Camat dan Lurah untuk segera membentuk dan memberdayakan dasa wisma di masing-masing kelurahan. Hal tersebut bertujuan agar pemerintah memiliki data lengkap warga yang terdeteksi penyakit, serta dapat mengantisipasi penyebab terjangkitnya.

Hal itu diutarakan Ketua TP PKK saat melakukan sosialisasi sinergi antara OPD, yang dihadiri oleh Camat, Lurah, Kepala Puskesmas, anggota PKK kelurahan, dan Kecamatan, di Aula Dinas Kesehatan Kota Binjai, Selasa (6/2/2018).

"Pemberdayaan dasa wisma sangat dibutuhkan, agar program pemerintah dapat berjalan, pemerintah memperoleh data yang lengkap itu berasal dari dasa wisma. Misalnya,  apakah penyakit yang diderita itu merupakan penyakit keturunan atau disebabkan hal lain, seperti faktor makanan, dan lainnya. Kalau kita sudah memiliki data, hal selanjutnya adalah tindak lanjut yang akan dilakukan oleh pemerintah, termasuk dinas terkait, dalam hal ini dinas kesehatan," tutur Lisa.

Selanjutnya PKK juga memiliki peran untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat dibantu dengan tim dasa wisma, seperti menjelaskan tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS),  Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS), karena tidak menutup kemungkinan penyakit yang diderita diakibatkan faktor makanan yang tidak sehat.

Untuk camat dan lurah, Lisa berpesan untuk dapat memilih ketua dasa wisma yang terbaik, karena dasa wisma memiliki peran yang sangat penting, mereka paling dekat dengan masyarakat. 

"Dua minggu ke depan kelompok dasa wisma sudah harus terbentuk. Mari kita satukan komitmen memberikan yang terbaik untuk pembangunan Kota Binjai. Berikan dan sampaikan informasi kepada masyarakat, jalin kedekatan emosional. Sehingga jumlah masyarakat Binjai yang menderita penyakit semakin menurun, minimal sebulan sekali lakukan evaluasi terhadap semua laporan dan data yang diterima," harap Lisa. 

Kepala Dinas Kesehatan Kota Binjai, dr Mahaniari Manalu, memberikan apresiasi kepada Ketua TP PKK yang sudah sangat peduli dan memberikan dukungan untuk segera membentuk dasa wisma. 

Dikatakannya, peran dasa wisma memang sangat dibutuhkan untuk memberikan informasi kepada pemerintah, yang dalam hal ini dinas kesehatan, terkait data masyarakat yang menderita penyakit. 

Lisa mengimbau kepada Kepala puskesmas dan kepala puskesmas pembantu di Kota Binjai agar lebih teliti terhadap laporan dari dasa wisma. Setiap laporan yang diterima harus segera ditindaklajuti.

Foto: Ketua TP PKK saat melakukan sosialisasi sinergi antara OPD, yang dihadiri oleh Camat, Lurah, Kepala Puskesmas, anggota PKK kelurahan, dan Kecamatan, di Aula Dinas Kesehatan Kota Binjai
Komentar Anda

Berita Terkini