Berangkatkan Umroh Bilal Mayit se-Kabupaten Langkat 

/ Selasa, 27 Februari 2018 / 21.49
LANGKAT-Sujud syukur kepada sang Khaliq sebagai ungkapan terima kasih diucapkan oleh Ramli Daud Siddi yang akrab di sapa dengan panggilan Wak li (64), warga Dusun V Desa Perlis, Kecamatan Brandan Barat, Kabupaten Langkat. 


Dirinya sungguh tidak menyangka kalau dirinya merupakan satu dari 23 bilal mayit se-Kabupaten Langkat yang di berangkatkan Umroh secara gratis oleh Terbit Rencana.


Hal ini diungkapkan Ramli Daud Siddi, saat dirinya mengucapkan ungkapan terima kasih kepada Terbit Rencana, mewakili 23 bilal mayit se-Kabupaten Langkat, di mimbar utama perhelatan lomba Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-51 Kabupaten Langkat yang di adakan di Lingkungan II Kelurahan Pangkalan Batu, Kecamatan Brandan Barat, Kabupaten Langkat, Selasa (27/2).


Saat di temui awak media usai pawai Ta'aruf pelaksanaan kegiatan MTQ ke-51 Kabupaten Langkat, Ramli Daud Siddi mengatakan, jika niat ingin berangkat ketanah suci sudah ada sejak lama, namun karena keterbatasan biaya dimana dirinya bekerja sebagai seorang nelayan tradisional dan bilal mayit di desanya, tentunya niat itu hanya jadi angan angan belaka. 


Dirinya juga mengungkapkan, jika niatnya ingin berangkat ke tanah suci sudah pernah di usulkan kepada Bupati Langkat yang pernah menjabat beberapa periode yang lalu, namun niat itu tidak kunjung datang sehingga menghapus keinginannya berangkat ke Tanah Suci Mekkah. 


"Beberapa tahun yang lalu, saya pernah mengusulkan kepada Bupati Langkat yang lama untuk berangkat ke Tanah Suci, namun usulan itu tidak terwujud, disaat ini, disaat yang tidak di sangka-sangka, seorang calon pemimpin di negeri ini sebagai seorang hamba Allah yang dermawan, dengan keihklasan hatinya memilih saya dari ratusan bahkan ribuan bilal mayit yang ada di negeri ini, guna memberangkatkan saya ketanah suci, Allahu Akbar ya Allah,,, terima kasih Pak Cana," ucap Ramli dengan raut wajah gembira dimana di matanya terlihat berkaca kaca dengan bulir air mata bahagia.  


Dirinya menambahkan, jika dirinya dikabari akan di berangkatkan Umroh pada Minggu (25/2) sore, dimana saat itu dirinya baru pulang melaut bersama anaknya.


"Saat pulang dari melaut, warga sudah heboh karena ada aparat yang mencari saya di rumah bersama ketua PP PAC Brandan Barat Ahmad, namun sore itu saya tidak jumpa," ucapnya.


Lanjutnya, baru malamnya usai mengajar mengaji, saya jumpai Ahmad (Amek) selaku Ketua PP PAC Brandan Barat, disitu saya di katakan akan di berangkatkan Umroh oleh Bapak Rerbit Rencana.


"Bagai mimpi di siang bolong dan merasa tidak percaya, saya langsung mengucap Allahu Akbar,, terima kasih ya Allah," ucapnya dengan suara bergetar.


Setibanya dirumah, sambung Ramli Daud Siddi, kabar baik tersebut segera diberitahukannya kepada keluarganya. Mendengar ini, para keluarga tak kuasa menahan haru disertai tetesan air mata bahagia. Tak henti hentinya Ramli Daud Siddi dan segenap keluarganya mengucapkan rasa syukurnya kepada Sang Khaliq atas keberangkatannya bersama dengan Terbit Rencana, untuk melaksanakan ibadah umroh di tanah suci Mekkah.


Diketahui bahwa Ramli Daud Siddi sudah bekerja sebagai seorang fardhu Kifayah (bilal mayit) selama lebih kurang 38 tahun di Desanya. Selain sebagai seorang bilal mayit yang bisa dibilang tidak mempunyai penghasilan tetap guna memenuhi kebutuhan hidupnya, dirinya juga seorang nelayan tradisional dan sebagai seorang guru mengaji.  


Dari hasil sumbangan warga saat ada yang meninggal dunia, begitu pula dengan sumbangan yang tidak seberapa sebagai seorang guru mengaji di kampungnya dan desa tetangga, tentunya niat sucinya guna berangkat menginjakan kaki ke Tanah Suci bagai angin surga pelengkap indahnya angan angan duniawi. 


Namun niat suci itu kini didengar sang Khaliq, dimana Terbit Rencana yang berpasangan dengan Syah Afandin, memberangkatkan dirinya beserta 22 orang lainnya berangkat ketanah suci guna menjalankan ibadah Umroh secara gratis. 


Dilain pihak Ketua Infokom (Informasi dan Komunikasi) MPC Kabupaten Langkat yang juga Ketua PAC Pangkalan Susu, Syaiful Amri didampingi Ahmad selaku Ketua PP PAC Brandan Barat mengatakan, Alhamdulillah tahun ini Ketua Terbit Rencana selaku Ketua Umum MPC Kabupaten Langkat yang juga calon Bupati Langkat memberangkatkan 23 orang bilal mayit se-Kabupaten Langkat melaksanakan ibadah Umroh.  


Menurut Syaiful Amri, Para bilal mayit ini berusia rata rata di atas 23 tahun, tentunya ini suatu amanah bagi kita yang sudah kita jalankan dan kita sampaikan kepada setiap perwakilan PAC, walaupun agak mendesak alhamdulillah semua sudah selesai dan berjalan dengan lancar. 


Lanjut Syaiful Amri, Sudah sepantasnya, para bilal mayit ini kita hormati sebagai orang tua kita, dimana tanggung jawab mereka begitu berat, bukan hanya di dunia melainkan juga diakhirat, dimana dari memandikan, mangkafani, mensholatkan hingga memakamkan, semua ada tatacara dan aturannya sesuai yang disyariatkan dalam agama islam. 


"Tentunya ini suatu pekerjaan yang berat dan sangat mulia, untuk itu Ketua Cana terpanggil untuk memberangkatkan Umroh mereka, menemani Ketua Terbit Rencana yang nantinya akan bersama sama menjalani Ibadah Umroh ke Tanah Suci," ucap Syaiful Amri didampingi Ahmad. 


Adapun perwakilan dari 23 bilal mayit yang hadir dalam pawai Ta'aruf pembukaan MTQ ke-51 Kabupaten Langkat, diantaranya, Karimun Harahap (58) yang sudah bekerja sebagai bilal mayit sejak 20 tahun lalu, warga Dusun V Desa Telaga Said, Kecamatan Sei Lepan. Abu Samah (63) warga Kelurahan Pekan Besitang, Kecamatan Besitang, yang sudah bekerja sebagai bilal mayit selama 37 tahun. Sarina (64) warga Lorong Kurnia Desa Sei Siur, Kecamatan Pangkalan Susu, yang mengaku sudah menjadi bilal mayit bagi kaum hawa sejak 22 tahun lamanya, serta Ramli Daud Siddi alias wak Li.



"Kami mewakili 23 bilal mayit se-Kabupaten Langkat, mengucapkan ribuan terima kasih kepada Bapak Terbit Rencana, yang telah mewujudkan mimpi kami melangkahkan kaki ke Tanah Suci guna menjalankan ibadah Umroh, walau tidak percaya namun mimpi ini menjadi kenyataan, terima kasih Bapak Terbit Rencana, semoga Allah membalas kebaikan ini dan mendengar do'a kami, menjadikan Bapak sebagai Bupati Langkat," ucap mereka bahagia. (lkt-1)
Komentar Anda

Berita Terkini