PENDAMPINGAN BABINSA BANTU PANEN PADI

/ Rabu, 24 Januari 2018 / 15.55
Penrem 022/PT.
kegiatan Koramil 10/Balimbingan Kodim 0207/Simalungun Korem 022/PT. di huta 1 Nagori Rajamaligas 1 Kecamatan Huta Bayu Raja, Tanggal 23 Januari 2018 Babinsa Sertu Tugio bersama dengan Kelompok Tani Mulia Tani melaksanakan pendampingan Hanpang panen padi sawah milik anggota kelompok tani anggiat butar butar seluas 1 Ha dengan hasil panen rata-rata 6,3 Ton/Ha, sebanyak 70% langsung dijual petani dilokasi lahan kepada Agen Bapak julifer manurung dengan harga Rp. 4.500,- dan 30 % untuk di konsumsi sendiri.

Danramil mengatakan, pada panen padi di areal pertanian milik warga itu, menggunakan mesin modern berupa alat pemanen padi Komben (wheat harvest) yang dioperasikan langsung oleh Babinsanya.“Kalau semua petani, saat panen menggunakan mesin ini, bisa lebih efisien. Dari satu hektar lahan tanaman padi saja, dipanen hasil yang maksimal,” ujarnya.

"Selain membantu tanam dan panen padi, kami juga melakukan penyuluhan pertanian bersama-sama dengan PPL kepada para kelompok tani (Poktan) di desa yang menjadi binaanya,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Kelompok Tani Mulia Tani, mengaku senang dengan adanya pendampingan dari Babinsa, yang terjun langsung membantu para petani dan memberikan penyuluhan dan bimbingan dalam bertani. “Dengan adanya pendampingan dari para Babinsa hasil panen tahun kali ini cukup bagus, sehingga kesejahteraan para petani dapat meningkatkan," terangnya.

Ia berharap hal ini bisa terus dilakukan oleh Babinsa, sehingga para petani bisa ikut serta mensukseskan swasemabada pangan secara nasional agar warga masyarakat tidak sampai kekurangan pangan.
Komentar Anda

Berita Terkini