Kepala BNN Provinsi Sumut Sosialisasi Satgas P4GN

/ Selasa, 17 Oktober 2017 / 22.43
Kepala BNN Provinsi Sumatera Utara Brigjen Pol. Drs. Andy Loedianto  mengatakan pembentukan  satuan tugas (satgas) Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) sangat diperlukan dalam rangka percepatan penanggulangan narkotika di Sumut.

Keberadaan satgas sangat penting mengingat saat ini ada 350 ribu pengguna narkoba di Sumatera Utara. Dengan jumlah 33 kabupaten/kota maka diperkirakan ada 10 ribu pengguna narkoba di  setiap kabupaten/ kota.

Hal itu dikatakan Andy Loedianto saat menyampaikan sosialisasi pembentukan satgas P4GN di aula pemko Binjai di jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Binjai Kota, Selasa (17/10/17).

"Dengan pembentukan satgas  diharapkan tercipta sinergitas tiap instansi  dalam penanggulangan narkoba di daerah  dan  pelaksanaan P4GN berjalan dengan efektif ,” kata Andy Loedianto.

Andy Loedianto menjelaskan, ruang lingkup tugas satgas meliputi pencegahan, rehabilitasi dan pemberantasan narkoba. Menangkapi pengguna narkoba akan menimbulkan masalah baru karena sel penjara sudah penuh. Penjara juga tidak membuat pelaku menjadi jera.

"Jangan sampai tugas kita  hanya menangkapi  tanpa melakukan penyuluhan," ungkapnya.

Walikota Binjai HM Idaham menegaskan siap mendukung  Satgas P4GN  untuk memerangi narkoba. Walikota juga menjelaskan  tentang adanya  kesepakatan bersama antara  Pemko Binjai, BNN Kota Binjai, TP PKK Kota Binjai, dan kementerian  agama  Kota Binjai dimana sebagai tindak lanjutnya adalah kewajiban test urine bagi setiap pasangan calon pengantin.

"Kita tidak bermaksud menggagalkan pernikahan, tapi ini adalah sebagai gerakan moral agar kehidupan generasi muda kita tidak jadi malapetaka," kata Idaham.

Andy Loedianto mengapresiasi kesepakatan bersama  tersebut. Ia  menilai kewajiban tes urine bagi calon pengantin sangat perlu.

"Angka perceraian tertinggi karena narkoba. Kenapa perlu (tes), karena kalau sudah menikah ribet urusannya. Tes urine positif, tetap  mau kawin silahkan," kata Andy Loedianto.

Sosialisasi pembentukan Satgas P4GN Kota Binjai dihadiri Kapolres  AKBP M Rendra Salipu, Kepala BNN Kota Binjai AKBP Safwan Khayat, Sekda  M Mahfullah P Daulay, para asisten , staf ahli walikota, kepala OPD, camat, lurah, para remaja  duta genre dan pelajar sekolah.
Komentar Anda

Berita Terkini