Mayor Inf Davit Sutrisno Sirait,Akmil 2003 Lulus Dikreg Sesko AD 2017

/ Selasa, 10 Januari 2017 / 01.09
JAKARTA|
Menjadi seorang tentara adalah salah satu cita-cita yang kerap dikatakan seorang anak saat masih kecil. Dengan seragam lengkap, berbadan tegap dan bertugas menjaga keutuhan NKRI pasti sangat membanggakan. Bagi cukup banyak orang, impian menjadi tentara bisa terwujud jadi nyata, seperti yang terjadi pada Mayor Inf Davit Sutrisno Sirait.



Terlahir dari seorang prajurit TNI, Mayor Inf Davit Sutrisno Sirait sangat bangga dapat dapat meneruskan perjuangan ayahnya menjadi seorang prajurit TNI.

Kepada wartawan,Mayor Inf Davit menuturkan, dirinya memulai karir didunia militer sejak tahun 2003. Setelah lulus dari Akmil dengan pangkat Letnan Dua, Davit ditugaskan di Raider 300 Cianjur selama 9 tahun hingga Pangkat Kapten.

Kemudian pindah tugas ke Kodam Jaya pada tahun 2014 akhir, di Penerangan Kodam (Pendam) Jaya selama 4 bulan,dan di tahun 2015 pindah tugas menjabat sebagai Perwira Seksi Latihan (Pasilat) Korem 052/Wijayakrama.selama 6 bulan kemudian dipercaya sebagai Danramil 01/Tamansari.

Pria Asal Sumatra Utara (Sumut) kelahiran Padang tahun 1980 ini, selain tegas, dilingkungan tempatnya bertugas juga dikenal humoris dan murah senyum. Meski begitu, dalam mengemban tugas ia tetap tegas. Karena ketegasaannya tersebut, Mayor Davit disebut Danramil Taman Sari terbaik. Bahkan ia mempunyai moto yang saat ini masih menjadi penyemangat dirinya dalam menjalankan tugas.

Tak hanya itu, karena dedikasinya sebagai prajurit yang tinggi, Mayor Davit yang saat menjabat sebagai Kasdim di Kodim 0503/JB diberi anugerah uang luar biasa. Ya, Mayor Davit baru saja lulus dari ujian Sesko TNI AD. dan rencana tanggal 11 Januari 2017.Mayor Davit akan berangkat untuk mengikuti pendidikan di Bandung.

Setelah itu, ia akan naik pangkat dari Mayor ke Letkol. Lulusnya Mayor Davit dari ujian Sesko merupakan yang pertama kali di Kodim 0503/JB. Mayor Davit juga prajurit yang tercepat, termuda dan yang pertama kali.

Suami dari Eka Kristia Ningrum menceritakan, banyak pengalaman yang berkesan selama bertugas di Jakarta Barat. Meski demikian, sebagai prajurit harus siap ditempatkan dimana saja. Ia sangat berterimakasih kepada Dandim 0503/JB Letkol Inf Wahyu Yudhayana, atas bimbingannya ia kini dapat lulus dari Sesko TNI AD. Tak hanya itu, dukungan dari rekan-rekan sesama prajurit juga penting bagi Davit.

"Dimanapun ditugaskan tetap sama saja dan harus siap menjalani amanah. Pesan saya sebagai prajurit. Lebih baik siap tapi tidak dipakai, dari pada dipakai tapi tidak siap. Semakin tinggi jabatan yang akan di terima, semakin besar juga tanggung jawabnya," ujar bapak satu anak ini.

Tahun 2010 mungkin menjadi moment yang berharga untuk Mayor Davit. Dimana saat itu ia memilih seorang wanita yang akan menjadi ibu bagi anak-anaknya. Adalah Eka Kristia Ningrum sosok perempuan yang dipilih menjadi pendampingnya seumur hidup. Keluarga Mayor Davit semakin lengkap setelah putri pertamanya bernama Cinta Aurelia Sirait yang saat ini berumur 3 tahun.

"Ada kesan yang menarik saat saya mempersunting istri. Sebelum saya menikah, saya mengemban tugas sebagai pasukan Garuda menjaga perbatasan di Libanon selama satu tahun. Pulang dari Libanon baru saya menikah," ucapnya.

Pilihannya menjadi seorang tentara sudah keinginannya sejak kecil. dan kalau sudah memilih menjadi seorang tentara itu maka sadar tidak sadar, suka tidak suka, mau tidak mau, terpaksa tidak terpaksa hidup kami itu sudah milik negara. Apapun yang akan dilakukan harus izin terlebih dahulu. Bukan berarti profesi yang lain tidak harus izin, tetapi saat menjadi seorang tentara walau pun izin sudah keluar, tapi ternyata di hari tersebut ada tugas yang harus diakukan, ya mau tidak mau harus dilakukan dan izin harus dibatalkan.

"Walaupun hanya sekedar untuk jalan-jalan saja harus tetap izin dengan kumendan," terangnya.

Kepuasan menjadi tentara, hal yang bisa memberikan kepuasan baginya adalah saat semua misi bisa dijalankan dengan baik. Harus mission acconploshed, karena bagi kami tugas itu sebuah kehormatan.(bd/red)
Komentar Anda

Berita Terkini