Persiapan Coklit PDP, KPU Palas Bimtek PPK Se-Palas

/ Senin, 15 Januari 2018 / 19.53
Palas. 
Dalam rangka persiapan kegiatan coklit pemutakhiran data pemilih (PDP)  pada pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sumatera Utara, bupati dan wakil bupati Kabupaten Palas tahun 2018.

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Padang Lawas (KPU Palas) gelar kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) kepada seluruh anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK) Se-Palas, pada Senin (15/1/2018) bertemu di Hotel Grandika, Sibuhun.

Dalam laporannya, Sekretaris KPU Palas, H. Darwin Hasibuan menyampaikan, kegiatan coklit atau kegiatan pencocokan dan penelitian ini dilaksanakan berdasarkan PKPU nomor 1 tahun 2017, PKPU nomor 2 tahun 2017, UU nomor 10 tahun 2016 dan NPHD antara Pemkab Palas dengan KPU Palas.

"Tujuannya untuk memberikan pemahaman kepada PPK tentang prrsiapan dan pelaksanaan kegiatan coklit pada pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sumatera, bupati dan wakil bupati Kabupaten Palas tahun 2018," ujarnya.

Proses pendataan pemilih merupakan hal yang sudah sewajarnya dan selayaknya dilakukan oleh anggota PPK, yang nantinya akab diteruskan kepada anggota PPS hingga petugas PPDP di kecamatan masing-masing.

"Harapan kami, lewat kegiatan coklit nantinya akan terus berlanjut pada proses penyelesaian kegiatan pemutakhiran data pemilih, pada kegiatan pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sumatera Utara, bupati dan wakil bupati Kabupaten Palas tahun 2018," kata Darwin.

Dalam sambutanya, Ketua KPU Palas, Syafarudin Daulay mengatakan, dalam kegiatan pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2018 sudah masuk pada tahapan verifikasi data pemilih. 

"Sudah menjadi program nasional, bahwa pada tanggal 20 januari 2018 akan dilaksanakan kegiatan coklit secara serentak di seluruh wilayah Indonesia yang melaksanakan Pilkada serentak, akn terlibat dalam kegiatan coklit nasional," ujarnya. 

"Seluruh tingkatkan penyelenggara pemilu, mulai dari Ketua KPU pusat, ketua KPU provinsi, ketua KPU Kabupaten, Ketua PPK, Ketua PPS, semuanya secara serentak melakukan kegiatan coklit secara serentak mendampingi petugas PPDP melakukan coklit," terangnya. 

Untuk itu, lanjut Syarifuddin, sebagai penyelenggara di tingkatkan masing-masing, diharapkan dapat memahami dan mengetahui bagaimana prosesur kegiatan coklit dilakukan oleh petugas PPDP nantinya, makanaya perlu dilakasanakan kegiatan bimtek ini.

Selain Ketua KPU Palas, Syarifuddin Daulay, turut sebagai narasumber pada kegiatan bimtek ini, Komisioner Panwaslih Palas, Irham Habibi Harahap. 
Komentar Anda

Berita Terkini